Liga 1 Dihentikan Sepekan Setelah Tragedi Bola Kanjuruhan Tewaskan 127 Orang

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:31 WIB
Sejumlah 127 orang dinyatakan meninggal dunia imbas kerusuhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan, Malang.
Sejumlah 127 orang dinyatakan meninggal dunia imbas kerusuhan usai pertandingan Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan, Malang.

 

Jakarta, suaramerdeka-solo.com – Tragedi bola di stadion Kanjuruhan yang menewaskan 127 orang (versi polisi) sebagai buntut kekalahan 2-3, Arema FC Malang vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) malam, jadi pukulan telak sepak bola Tanah Air.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun langsung bereaksi. Otorita penyelenggara liga sepak bola Indonesia itu langsung menghentikan Liga 1 musim 2022-2023, selama sepekan.

Selain menewaskan ratusan orang, kerusuhan tersebut juga merusak 13 kendaraan, termasuk 10 kendaraan Polri, serta meluluhlantakkan berbagai fasilitas di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan: 127 Orang Tewas pada Kerusuhan Arema vs Persebaya pada BRI Liga 1

"Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan). Ini dilakukan untuk menghormati semua pihak, sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," kata Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (2/10) dini hari.

Namun kemungkinan penghentian Liga bisa lebih panjang dan luas, mengingat tragedi bola tersebut menyedot perhatian dunia.

Kerusuhan berawal dari kekalahan Arema FC, 2-3 dari Persebaya Surabaya pada laga yang berakhir sekitar pukul 22.00 WIB Minggu (2/10).

Baca Juga: Suporter PSS Tewas Dianiaya, Polres Sleman Tetapkan 12 Tersangka. Satu Tersangka Dibawah Umur

Ribuan massa merangsek turun dari tribun ke lapangan, karena tidak puas dari kekalahan kali pertama Arema FC di kandangnya dari Persebaya, sejak 23 tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maroko Vs Spanyol: Bono Pulangkan La Furia Roja

Rabu, 7 Desember 2022 | 06:34 WIB

Brasil Gilas Korea Selatan, Neymar Ikut Berpesta Gol

Selasa, 6 Desember 2022 | 08:24 WIB

Prediksi Susunan Pemain Jepang vs Kroasia

Senin, 5 Desember 2022 | 09:59 WIB
X