Tragedi-Tragedi Sepak Bola Terbesar di Dunia, Kasus Kanjuruhan Urutan Kedua?

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:56 WIB
Daftar tragedi sepak bola di dunia
Daftar tragedi sepak bola di dunia

MALANG, suaramerdeka-solo.com – Tragedi bola Kanjuruhan Malang yang menewaskan 129 orang (versi polisi 127 orang), membuat masyarakat mengingat kembali beberapa tragedi sepak bola yang menelan banyak korban jiwa.

Kanjuruhan">Tragedi Kanjuruhan terjadi usai Singo Edan kalah 2-3 pada laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10) malam.

Catatan tragedi sepak bola yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, kerusuhan sepak bola yang menelan korban jiwa paling banyak dalam sejarah, terjadi di Stadion Nasional di Lima, Peru pada 24 Mei 1964.

Tercatat 328 orang meninggal dunia dalam kerusuhan itu. Korban kebanyakan dari kalangan supporter, tewas karena sesak napas atau mengalami pendarahan internal.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan: 127 Orang Tewas pada Kerusuhan Arema vs Persebaya pada Liga 1

Kala itu, 24 Mei 1964, digelar pertandingan antara tim nasional Peru vs Argentina di babak kualifikasi kedua jelang Olimpiade Tokyo. Pertandingan disaksikan 53.000 penonton memadati Stadion Nasional di Lima.

Saat tersisa 2 menit waktu normal, Argentina memimpin 1-0 atas Peru. Di menit terakhir, Peru mencetak gol, tapi dianulir wasit Eduardo Pazos. Wasit asal Uruguay itu dianggap condong ke Argentina.

Keputusan wasit itu dalam sekejab mengubah kegembiraan warga Peru menjadi kemarahan. Seorang penonton berlari ke lapangan dan memukul wasit, disusul penggemar kedua.

Baca Juga: Kerusuhan Arema vs Persebaya, Mahhfud MD: Tragedi Kanjuruhan Bukan Bentrok Suporter

Namun mereka diserang secara brutal oleh polisi dengan tongkat dan anjing. Hal itu memicu puluhan orang menyerbu lapangan dan terjadilah kerusuhan. Polisi meluncurkan gas air mata ke kerumunan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Top Skor Sementara Piala Dunia 2022 Qatar

Rabu, 30 November 2022 | 22:13 WIB

Hujan Gol Terjadi Dilaga Kamerun vs Serbia

Senin, 28 November 2022 | 19:54 WIB

Klasemen Sementara Grup A-H Piala Dunia 2022 Qatar

Senin, 28 November 2022 | 14:05 WIB
X