PSSI dan PT LIB Diminta Bertanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan. Ini Kata Sesepuh Pasoepati

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:49 WIB
Suprapto Koting (SMSolo/dok)
Suprapto Koting (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Reaksi dari berbagai pihak mengenai tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang, versi polisi, terus bergulir.

Anggota Dewan Penasihat Suporter Pasoepati Solo, Suprapto Koting meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bertanggung jawab atas tragedi yang terjadi usai kekalahan 2-3, Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10) malam lalu.

‘’PSSI & PT LIB juga harus bertanggungjawab atas korban2 insiden Kanjuruhan Malang 1 Oktober 2022,’’ kata Prapto Koting melalui rilis tertulis yang diterima redaksi suaramerdeka-solo.com, Senin (3/10).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Komentator dan Host BRI Liga 1, Valentino ‘Jebret’ Simanjuntak Mundur

‘’Kami berharap Dirut PT LIB & Ketum PSSI dengan suka rela & dengan sportifitas yg tinggi untuk mengundurkan diri,’’ tambah dia dalam rilisnya.

Pria yang juga sesepuh DPP Pasoepati itu menyatakan, PSSI dan PT LIB seharusnya sudah mengetahui bahwa bigmatch atau laga derby, mengundang tensi tinggi dari tim-tim peserta Liga 1.

Dia menyebut, laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta vs Persib Bandung, termasuk yang dicontohkannya bertensi tinggi itu.

Baca Juga: Buntut Tragedi Bola Kanjuruhan, Semua Turnamen di Karanganyar Juga Dihentikan

‘’Mengapa jam pertandingan yg (diusulkan) diajukan oleh Panpel ke PT LIB atas masukan Kapolres & Kapolda tidak diindahkan? Artinya PT LIB membantu kejar jam tayang televisi agar Rating naik dgn mengesampingkan keselamatan penonton,’’ ujar Prapto Koting.

‘’Kasihan Panpelnya jika dikorbankan oleh PT LIB (Jika informasi yg kami terima benar). Meskipun Panpel juga wajib bertanggungjawab atas kejadian spt itu,’’ tambah dia.

Pria yang juga sesepuh DPP Pasoepati menandaskan, kekerasan dan kerusuhan dalam sepak bola tidak dapat dibenarkan. Dia menyatakan sepakat untuk tidak mentoleransi hal-hal seperti itu.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022: Prediksi Polandia vs Arab Saudi

Sabtu, 26 November 2022 | 15:04 WIB

Piala Dunia 2022: Prediksi Prancis vs Denmark

Sabtu, 26 November 2022 | 14:53 WIB

Piala Dunia 2022: Prediksi Uruguay vs Korea Selatan

Kamis, 24 November 2022 | 11:26 WIB

Piala Dunia 2022: Prediksi Portugal vs Ghana

Kamis, 24 November 2022 | 11:10 WIB
X