Polri Datangkan Kompolnas untuk Awasi Tim Investigasi Tragedi Kanjuruhan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:17 WIB
Albertus Wahyurudhanto selaku Komisioner Kompolnas (tengah). (Rizal Adhi Pratama)
Albertus Wahyurudhanto selaku Komisioner Kompolnas (tengah). (Rizal Adhi Pratama)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Kerja tim investigasi bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam mengusut tragedi Kanjuruhan, Malang, akan diawasi langsung Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, Polri mendatangkan Kompolnas untuk melakukan pengawasan agar kinerja tim investigasi bentukan Kapolri bisa dilakukan secara transparan.

Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto menyampaikan, sebenarnya Kompolnas sudah mendapat laporan resmi dari tim investigasi dalam pengusutan tragedi Kanjuruhan. Tapi, Kompolnas ingin cek langsung ke lapangan.

Baca Juga: Aremania Deadline Kepolisian Tangkap Tersangka Tragedi Kanjuruhan 7 Hari. Jika Tidak Ini Ancaman Mereka

"Kompolnas ingin cek langsung ke lapangan. Kami ingin dialog dengan korban dan penonton, juga bertemu dengan wartawan meliput saat itu. Kami juga bertemu supporter," ujar Albertus Wahyurudhanto, Senin, 3 Oktober 2022.

Kompolnas ingin mengetahui penyelenggaraan pertandingan secara detail, mulai dari persiapan kegiatan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Sementara saat ini, investigasi Polri masih bekerja keras mengusut kasus itu.

"Sesuai perintah Ketua Kompolnas Mahfud MD. Tupoksi Kompolnas adalah melihat secara detail penyelenggaraan acara mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi," ujar dia dilansir dari PMJ News.

Baca Juga: Ungkapan Tragedi Kanjuruhan Akun Twitter Ini Membuat Trenyuh dan Menyayat

Investigasi bukan sekedar mencari siapa yang salah dalam tragedi itu, tapi menganalisa fakta yang ditemukan sebagai bahan pembelajaran ke depan. Kompolnas hanya memantau, namun soal penanganan perkara, penyidik yang memutuskan.

"Tidak usah khawatir ada yang ditutup-tutupi, kami Kompolnas terbuka. Kita akan tanya secara detail ke semua petugas. Nanti hasilnya harus menjadi pembelajaran penting untuk kita semua," imbuh dia.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maroko Vs Spanyol: Bono Pulangkan La Furia Roja

Rabu, 7 Desember 2022 | 06:34 WIB

Brasil Gilas Korea Selatan, Neymar Ikut Berpesta Gol

Selasa, 6 Desember 2022 | 08:24 WIB

Prediksi Susunan Pemain Jepang vs Kroasia

Senin, 5 Desember 2022 | 09:59 WIB
X