Polri Periksa 29 Saksi Tragedi Kanjuruhan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:20 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya mengenai pengusutan tragedi Kanjuruhan di Jakarta, Senin (3/10/2022). (SMSolo/dok)
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya mengenai pengusutan tragedi Kanjuruhan di Jakarta, Senin (3/10/2022). (SMSolo/dok)

MALANG, suaramerdeka-solo.com – Sebanyak 29 orang saksi tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang diperiksa secara maraton oleh tim penyidik gabungan Polda Jawa Timur dan Bareskrim Mabes Polri.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dari 29 orang saksi yang diperiksa, 23 orang di antaranya merupakan anggota Polri, sedangkan 6 orang lainnya merupakan saksi-saksi di lokasi kejadian.

Dia menambahkan, materi pemeriksaan terhadap 29 orang saksi tragedi Kanjuruhan tersebut meliputi hal-hal teknis yang terjadi, seperti persiapan penyelenggaraan pertandingan, pengamanan maupun rencana kontijensi dan emergency.

Baca Juga: Liga Champions: Spanduk Tragedi Kanjuruhan pada Duel Bayern Munchen vs Viktoria Plzen

"Saksi-saksi yang diperiksa oleh tim penyidik merupakan saksi dari petugas, panitia penyelenggara, maupun masyarakat yang ada di sekitar," kata Dedi Prasetyo seperti dilansir PMJ News.

Dedi menegaskan, Polri bekerja mendalami tragedi Kanjuruhan berdasarkan fakta hukum yang ditemukan. Dia memastikan, bahwa pihaknya tidak akan berandai-andai terkait insiden tersebut yang menewaskan banyak korban.

"Bahwa tim investigasi yang dibentuk Pak Kapolri akan bekerja semua berdasarkan fakta hukum, kita tidak berandai andai, keputusan semua berada di Bapak Kapolri," tegas dia.

Baca Juga: Tim Labfor Periksa 6 CCTV dan Tetesan Darah di Pintu 11 sampai 13

Proses penyidikan yang dilakukan oleh tim penyidik gabungan dilakukan dengan mengecek akurasi dan keaslian menggunakan metode scientific investigation.

Sementara itu, perkembangan jumlah korban baik meninggal dan luka hingga hari ini, lanjut Dedi, total ada 125 orang meninggal dan 467 orang luka-luka, terdiri atas 408 orang luka ringan, 30 orang luka sedang dan 29 orang mengalami luka berat.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maroko Vs Spanyol: Bono Pulangkan La Furia Roja

Rabu, 7 Desember 2022 | 06:34 WIB

Brasil Gilas Korea Selatan, Neymar Ikut Berpesta Gol

Selasa, 6 Desember 2022 | 08:24 WIB

Prediksi Susunan Pemain Jepang vs Kroasia

Senin, 5 Desember 2022 | 09:59 WIB
X