Warga Manfaatkan Tanah Proyek Tol Jogja-Solo untuk Membuat Batu Bata

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:40 WIB
Pekerja mengambil tanah di areal pesawahan Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit yang terkena proyek tol Jogja-Solo. (SMSolo/Joko Murdowo)
Pekerja mengambil tanah di areal pesawahan Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit yang terkena proyek tol Jogja-Solo. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Proyek tol Jogja-Solo turut dimanfaatkan para pembuat batu bata. Mereka membeli tanah areal pesawahan yang terkena proyek tol tersebut.

Seperti terlihat di Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit. Sebelum proyek digarap, maka lapisan tanah bagian atas disingkirkan terlebih dahulu. Nah, tanah inilah yang dimanfaatkan para pembuat batu bata.

Namun demikian, mereka tak bisa mengambil tanah secara gratis. Mereka harus membeli tanah tersebut dari pengelola proyek dengan harga Rp 35.000/rit.

Baca Juga: Hati- hati Lur, Pertigaan Jalan Lingkar Selatan Boyolali Direhab  

Sebagian perajin batu bata membeli langsung tanah tersebut, utamanya perajin yang memiliki mobil pikap. Namun perajin yang tak punya mobil pikap, terpaksa membeli tanah dari pemilik pikap dengan harga Rp 200.000/rit.

Uniknya, pikap yang digunakan mengangkut tanah tersebut sama yaitu, mobil pikap Mitsubishi lama atau yang dikenal dengan nama Colt T.

"Kalau mengambil sendiri ya hanya Rp 35.000/rit. Kalau antar langsung bisa sampai Rp 200.000/rit tergantung jaraknya. Rata- rata tanah ini dibeli perjajin batu bata di wilayah Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo,” ujar Seno (42) salah satu sopir, Rabu (13/10).

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Kodim Sukoharjo Gelar Pameran UMKM Bangkit

Dalam sehari, dia bisa mengangkut tanah sebanyak 5 rit. Namun demikian, bukan berarti dia mendapatkan pemasukan sebesar Rp 1 juta. Pasalnya, mobil yang dia kemudikan bukan miliknya sendiri. Namun mobil tersebut adalah milik sang juragan atau pemilik modal.

“Untuk setiap rit, saya mendapat bagian Rp 35 ribu yang saya bagi dengan seorang pekerja.”

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke14, The Sunan Hotel Solo Gelar Berbagai Acara

Kamis, 18 November 2021 | 11:42 WIB

Meski Pandemi Covid, Bank Boyolali Makin Melejit

Rabu, 10 November 2021 | 14:36 WIB

Penerima Insentif Pajak Diperluas

Jumat, 5 November 2021 | 04:44 WIB

Fivecord Syariah Hotel Bidik Pengunjung RS Moewardi

Senin, 1 November 2021 | 04:53 WIB

2.510 Orang Mendaftar Aku Saudagar Muda BNI

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:52 WIB
X