Layanan 5G Hadir, Operator 4G Diminta Perkuat Jaringan

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 13:49 WIB
Peluncuran jaringan 5 G oleh Menkominfo Johny g Plate di Balai Kota Surakarta. SMSolo/Langgeng Widodo
Peluncuran jaringan 5 G oleh Menkominfo Johny g Plate di Balai Kota Surakarta. SMSolo/Langgeng Widodo

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong operator 4G untuk memperkuat jaringan dan ekosistem di berbagai daerah yang belum padat jaringannya dan belum terbentuk ekosistemnya.

"Bagi operator 4G jangan patah semangat, masih banyak tempat dan ruang untuk digarap, Indonesia sangat luas. Jaringan 5G itu netral, tanpa memandang operatornya, semua bisa digunakan," kata Johny ketika memberi sambutan dalam Roadshow Telkomsel 5G di Balai Kota Solo, baru-baru ini.

Karena itu, kata Jhony, operator harus memperkuat jaringan dan membentuk ekosistem. Sebab layanan 5G akan beroperasi di daerah yang sudah kuat jaringannya dan sudah terbentuk ekosistemnya.

Baca Juga: Terpaksa. Harga Kedelai Naik, Ukuran Tahu Menyusut

Selain di wilayah Jabodetabek dan Solo, jaringan 5G yang berada di frekuensi spektrum 2,3 GHz dan punya kecepatan 20 hingga 100 kali dari 4G itu juga akan beroperasi di Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Bandung, dan Makassar.

"Solo dipilih sebagai salah satu daerah beroperasinya 5G karena jaringan selulernya sudah kuat dan ekosistemnya juga sudah terbentuk. Lagi pula Solo adalah salah satu kota pioner di segala bidang," kata Menkominfo menjawab pertanyaan wartawan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, layanan 5G di Solo memiliki kecepatan download dan upload yang cukup kencang, yaitu sebesar 816 Mbs untuk download, dan 30 Mbps untuk upload. Pihaknya berharap, masyarakat Solo bisa menikmati layanan 5G Telkomsel itu meski jangkauannya memang masih terbatas.

Menurut dia, jaringan 5G dapat meningkatkan produktivitas, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak. "Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif berkelanjutan," tandasnya.

Baca Juga: Ekonomi Digital Indonesia Mampu Kuasai Asia Tenggara

Dalam kesempatan itu, Hendri menyampaikan apresiasi pada semua pemangku kepentingan yang turut berkontribusi dalam membantu Telkomsel mengimplementasi percepatan perluasan jaringan 5G di beberapa wilayah di Indonesia.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Duh! Sejumlah Peternak Ayam Petelur Boyolali Kolaps

Jumat, 10 September 2021 | 14:55 WIB

Harga Cabai Merosot Terus, Petani Boyolali Pasrah

Rabu, 8 September 2021 | 12:02 WIB

Petani Tembakau Klaten Berharap Asuransi dari DBHCT

Kamis, 2 September 2021 | 12:35 WIB

Kanwil DJP Jateng II Selenggarakan Pajak Bertutur

Selasa, 31 Agustus 2021 | 07:56 WIB
X