33 UKM di Karanganyar Dapat Bantuan Peralatan dari Program Peningkatan Pengolahan Hasil Peternakan

- Senin, 29 November 2021 | 18:07 WIB
Penerima bantuan berfoto bersama anggota DPRD Provinsi Jateng Sumanto, usai penyerahan bantuan peralatan dari program peningkatan pengolahan hasil peternakan di kantor Dispertan Karanganyar, Senin (29/11/2021).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Penerima bantuan berfoto bersama anggota DPRD Provinsi Jateng Sumanto, usai penyerahan bantuan peralatan dari program peningkatan pengolahan hasil peternakan di kantor Dispertan Karanganyar, Senin (29/11/2021). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak 33 usaha kecil mikro (UKM) di Karanganyar, yang bergerak di bidang pengolahan hasil peternakan, mendapat bantuan peralatan untuk meningkatkan kapasitas usahanya.

Secara simbolis, bantuan yang dananya bersumber dari APBD Provinsi Jateng 2021 tersebut diserahkan Anggota DPRD Provinsi Jateng Sumanto, Senin (29/11) di kantor Dispertan Karanganyar.

Sumanto menjelaskan, program peningkatan pengolahan hasil peternakan itu merupakan program kerja tahun 2020.

Baca Juga: Biar Naik Kelas, UMKM di Solo Didorong Optimalkan Marketplace

"Namun realisasi bantuannya baru cair sekarang. Tentu setelah dilakukan survei kepada calon penerima bantuan. Tiap UMKM menerima bantuan senilai Rp 3 juta, yang diwujudkan dalam bentuk peralatan sesuai yang dibutuhkan," jelasnya.

Karena itu, masing-masing penerima mendapatkan bantuan alat yang berbeda-beda. Ada yang menerima freezer, alat pembuat bakso, kompor dan peralatan memasak, dan sebagainya.

Baca Juga: Digitalisasi Transaksi Pasar Tradisional di Solo Raih Rekor MURI

"Mereka disurvei, butuh alat apa. Jadi yang diberikan ya sesuai dengan yang dibutuhkan. Tepat sasaran dan tidak muspra, karena memang sesuai kebutuhan," tutur pria yang juga menjabat Ketua Komisi B DPRD Jateng ini.

Menurutnya, ada cukup banyak UKM yang mengajukan diri untuk menerima bantuan tersebut. Namun hanya 33 UKM yang lolos berdasarkan hasil survei. Hal itu juga terkait dengan ketersediaan anggaran yang terbatas.*

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kakorbinmas Polri Bidik Usaha Peternakan di Solo

Sabtu, 15 Januari 2022 | 04:48 WIB

Potensi Pasar Luas, Grand HAP Hotel Fokus ke MICE

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:10 WIB

Bank Jateng Syariah Sukoharjo Tempati Gedung Baru

Jumat, 24 Desember 2021 | 14:50 WIB

Ekspor TPT Pan Brothers Boyolali Tembus Pasar China

Kamis, 23 Desember 2021 | 16:44 WIB

Jelang Nataru, Sejumlah Komoditas Naik Harga

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:19 WIB
X