Dirugikan Pinjol, Lapor Polisi !

- Jumat, 11 Juni 2021 | 12:25 WIB
Workshop waspada investasi ilegak di OJK Solo, Jumat (11/6/2021). (SMSolo/Langgeng Widodo)
Workshop waspada investasi ilegak di OJK Solo, Jumat (11/6/2021). (SMSolo/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Masyarakat yang merasa dirugikan dan ditipu oleh pinjaman online (pinjol) ilegal diminta untuk melapor kepolisian.

"Itu sudah tindakan kriminal, biarlah kepolisian yang menyelesaikan," kata Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing di sela-sela workshop Waspada Investasi Ilegal di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo, Jumat (11/6/2021).

Menurut dia, ada dua sisi yang mengakibatkan munculnya kasus tindak kriminalitas pinjol ilegal. Yakni dari sisi pinjol ilegal dan pemahaman masyarakat. Untuk menekan kasus tindak kriminalitas pinjol, kata Tobing, Satgas Waspada Investasi sudah menutup lebih dari 3.000 pinjol ilegal.

Baca Juga: 14 Fasilitator di Solo Belum Terapkan aplikasi Mobile JKN

Namun lantaran kemudahan teknologi, orang mudah membuat aplikasi pinjol. Ibaratnya, pagi ditutup sore dibuka lagi dengan nama yang berbeda. Lagi pula, prosesnya cepat dan persyaratan yang ditawarkan juga cukup mudah, hanya foto KTP dan isi data, sehingga orang mudah tertarik untuk pinjam.

Selain menutup pinjol ilegal, lanjut dia, Satgas juga terus melakukan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pinjol, bekerja sama dengan berbagai lembaga.

Namun lantaran terdesak kebutuhan ekonomi, kata dia, banyak orang mengabaikan rambu-rambu. Yang penting mendapatkan pinjaman dengan mudah. Karena itu dia berpesan, masyarakat yang mau mengajukan pinjaman ke pinjol, carilah ke pinjol atau P2P landing legal yang terdaftar di OJK.

Baca Juga: Sri Mulyani Sayangkan Kegaduhan Isu Sembako Kena Pajak

Jika bunga pinjaman sangat tinggi dan dirasa memberatkan, mintalah restrukturisasi seperti keringanan bunga, penghapusan denda, maupun penundaan pembayaran.

"Jangan mengajukan pinjaman ke beberapa pinjol. Apalagi pinjam uang untuk menutup utang sebelumnya. Terakhir, kalau merasa dirugikan, aib dibuka, pencemaran nama baik, merasa ditipu, dan lain sebagainya, lebih baik lapor polisi," tegasnya.**

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Dirugikan Pinjol, Lapor Polisi !

Jumat, 11 Juni 2021 | 12:25 WIB

Pasar 5G Bakal Didominasi Kaum Milenial

Selasa, 8 Juni 2021 | 20:00 WIB

Food Pedia PGS Dukung Pemulihan Ekonomi Solo

Senin, 7 Juni 2021 | 16:31 WIB
X