GrabKitchen di Pasar Gede Solo Diklaim Mampu Tingkatkan Pendapatan UMKM Kuliner

- Jumat, 24 Desember 2021 | 07:15 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan pemilik tenant GrabKitchen di Pasar Gede Solo, Kamis (23/12/2021). (SMSolo/dok)
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan pemilik tenant GrabKitchen di Pasar Gede Solo, Kamis (23/12/2021). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Manajemen Grab Indonesia meluncurkan GrabKitchen di Pasar Gede Solo, Kamis (23/12/2021).

Penyatuan sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) kuliner di lokasi tersebut, diklaim Grab mampu meningkatkan pendapatan pengelolanya.

GrabKitchen ini adalah hasil diskusi kami dengan Mas Wali (Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka) tentang penggunaan teknologi bagi UMKM. Selain itu tentang pemberdayaan UMKM agar lebih mengena ke masyarakat,” ungkap President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, usai kegiatan.

Baca Juga: Rumah Warga Baseng, Bulu Hancur Diterjang Longsoran Bukit

Konsep dapur satelit yang diusung GrabKitchen, dinilai Ridzki, cocok dikembangkan di Solo untuk mengenalkan teknologi dan memberdayakan UMKM.

UMKM yang berpartisipasi dapat mengakses pelatihan tentang cara penjualan secara online, memasarkan produk dengan memanfaatkan media social serta cara meningkatkan kualitas merek dagang dan menu makanan.”

Dalam praktiknya, sejumlah UMKM kuliner di Solo dipersilakan membuka cabang mereka di lantai dua Pasar Gede sisi barat.

Baca Juga: BINDA Jateng Siapkan 1.000 Dosis untuk Vaksin Anak di Boyolali

“Pilihan ini ada basis datanya, yakni seputar apa yang masyarakat inginkan tapi tidak terpenuhi di daerah sekitar Pasar Gede. Dengan sistem kami, bisa terlihat apa yang dibutuhkan tapi full payment atau tidak tercapai. Jadi ini adalah pemenuhan kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi di sini.”

Ridzki meyakini, GrabKitchen tidak akan mematikan usaha pedagang lama karena perbedaan komoditas tersebut.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X