Perajin Sangkar Burung Juwiring, Pemasok Utama Pusat Burung Jalan Pramuka Jakarta

- Senin, 27 Desember 2021 | 20:40 WIB
Perajin sangkar burung Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring, Klaten mengikuti pelatihan yang digelar BRI Klaten.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Perajin sangkar burung Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring, Klaten mengikuti pelatihan yang digelar BRI Klaten. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Perajin klaster sangkar burung Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring, Klaten sedang banyak order.

Mereka memasok terutama Pasar Burung Jalan Pramuka Jakarta dan Malang, Jawa Timur.

Sayangnya, para perajin masih mengalami sejumlah kesulitan.

Baca Juga: Perajin Sangkar Burung di Juwiran Ikuti Pelatihan Literasi Bisnis

Bambang Juadi yang sudah 10 tahun menjalani profesinya dan Ali Kodi yang sudah 15 tahun menjadi perajin sangkar burung, menyuarakan kesulitan perajin sangkar burung Juwiran.

‘’Kesulitan utama perajin adalah masalah keterbatasan modal, alat produksi yang belum komplit sehingga saling pinjam antar perajin dan transportasi untuk menjual produk kami,’’ ujar Bambang Juadi.

Agar bisa mendapatkan solusi dari permasalah, mereka mengikuti pelatihan literasi dan digital yang diselenggarakan BRI Cabang Klaten di aula Kecamatan Juwiring, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Bank Jateng Syariah Sukoharjo Tempati Gedung Baru

Camat Juwiring Herlambang Joko Santoso mengatakan ada 23 perajin sangkar burung Juwiran yang mengikuti pelatihan didampingi Pemdes Juwiran.

Nantinya, ada pendampingan manajemen usaha dan jejaring.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X