Perhorti Jateng Jajaki Desa Menawan Jadi Agrowisata

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:01 WIB
Ketua Perhorti Jateng, Prof Eddy Triharyanto dalam pertemuan sambung rasa dengan petani buah Desa Menawan, Kudus.  (SMSolo/dok)
Ketua Perhorti Jateng, Prof Eddy Triharyanto dalam pertemuan sambung rasa dengan petani buah Desa Menawan, Kudus. (SMSolo/dok)

KUDUS, suaramerdeka-solo.com - Perhimpunan Hortikultura Indonesia (Perhorti) Jawa Tengah menjajaki potensi Desa Menawan Kecamatan Gebog, Kudus menjadi kawasan agrowisata. Kawasan itu sudah punya modal penghasil aneka buah, salah satunya jambu air.

Ketua Perhorti Jateng Prof Dr Eddy Triharyanto mengemukakan, sedikitnya terdapat 100 ribu pohon jambu produktif yang tumbuh di kebun dan pekarangan rumah warga. Saat panen raya mampu menghasilkan 15 ton jambu air

Sayangnya, petani tanaman buah umumnya menghadapi masalah klasik yaitu pemasaran, penanganan pascapanen dan kultur teknis seperti mengatasi hama penyakit.

Baca Juga: Berbagai Jenis Nangka, Ikon Agrowisata Desa Pasung Klaten

Akibat petani tidak mampu mengatasi ketiga masalah klasik tersebut, pada masa panen raya banyak buah terbuang menjadi limbah.

Hal itu yang mendorong warga bersama Kepala Desa Ririn Tri Lestari bertemu jajaran Perhorti Jateng.

"Ketiga masalah utama yang dihadapi petani buah itu perlu diskusi intens antara pemangku kebijakan, Perhorti dan petani " kata Eddy.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Bugisan, Prambanan, Klaten

Pengelolaan pascapanen, menurutnya perlu ada penelitian dan pengabdian masyarakat dari kampus. Termasuk bisa membuat produk turunan untuk mengurangi resiko rusak.

Kepada Perhorti, pemerintah desa juga minta kajian supaya Desa Menawan bisa menjadi agrowisata. Karena desa ini penghasil aneka buah. Tidak saja jambu air, tapi ada durian, alpukat dan rambutan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyesuaian Harga BBM Tak akan Picu Resesi

Jumat, 23 September 2022 | 22:35 WIB

Duh!! Dampak BBM Naik, Harga Beras pun Ikutan Naik

Senin, 19 September 2022 | 12:48 WIB

Efisiensi, Shopee Indonesia Lepas Sejumlah Karyawan

Senin, 19 September 2022 | 11:39 WIB

BBM Naik, BLT Diharapkan Jaga Daya Beli Masyarakat

Jumat, 16 September 2022 | 12:32 WIB

Pemkab Klaten Siap Kucurkan BLT BBM Untuk Ojek dan UMKM

Selasa, 13 September 2022 | 07:42 WIB

Bank Daerah Karanganyar Raih Top GRC Award 2022

Rabu, 7 September 2022 | 19:25 WIB
X