Pasca Kenaikan BBM, Tarif Angkutan Dalam Kota Boyolali Belum Naik. Ini Alasannya

- Senin, 5 September 2022 | 14:14 WIB
Angkutan umum mangkal di Terminal Pasar Sunggingan, Boyolali Kota. (SMSolo/Joko Murdowo)
Angkutan umum mangkal di Terminal Pasar Sunggingan, Boyolali Kota. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Pasca kenaikan harga BBM, Sabtu (3/9/2022), angkutan perkotaan di Boyolali belum menaikkan tarif. Mereka masih menggunakan tarif lama, sama sebelum harga BBM naik.

Ditemui di Terminal Pasar Sunggingan, Boyolali Kota, Senin (5/9/2022), sejumlah pengemudi angkutan dalam kota mengaku semakin tertekan dengan kenaikan harga BBM. Pasalnya, mereka belum bisa menaikkan tarif penumpang.

Baca Juga: Ini Harga BBM Terbaru yang Berlaku Mulai 3 September 2022 Pukul 14.30 WIB

“Bukan apa-apa, hal ini karena penumpang sepi. Jika tarif angkutan dinaikkan, kami khawatir akan kehilangan penumpang,” ujar Muhammad Syukur, pengurus paguyuban angkutan dalam kota Boyolali.

Dia menjelaskan, tarif angkutan yang berlaku saat ini adalah Rp 4.000 untuk masyarakat umum dan Rp 2.500 untuk pelajar. Kendati demikian, penumpang saat ini sepi karena angkutan dalam kota kalah bersaing dengan ojol.

Baca Juga: Presiden Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM

Apalagi sekarang mayoritas anak sekolah naik sepeda motor, angkutan kota pun semakin sepi. Dampaknya, angkutan kota hanya bisa beroperasi 3 kali putaran dalam sehari. Pendapatan rata-rata para pengemudi hanya Rp 50.000/orang/hari.

Berbeda dengan bus angkutan pedesaan, mereka berani menaikkan tarif sebesar Rp 1.000/orang untuk menyesuaikan kenaikan harga BBM. Tarif lama Rp 5.000/orang menjadi Rp 6.000/orang sekali jalan.

Baca Juga: Ini Tips Menghemat BBM di Tengah Kenaikan Harga BBM Khususnya Pertalite , Pertamax dan Solar

Diakui, selain tertekan kenaikan harga BBM, kru angkutan pedesaan dihadapkan pada menurunnya jumlah penumpang. Dalam sehari bus tersebut hanya bisa melayani penumpang dari wilayah Selo-Cepogo-Boyolali sebanyak dua putaran.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X