Segera Diluncurkan, Mobil Simolek Hadir untuk Edukasi tentang IJK yang Sah

- Senin, 17 Oktober 2022 | 19:24 WIB
Rakor jelang peluncuran Simolek di Ruang Podang 2 Setda Karanganyar, Senin (17/10).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Rakor jelang peluncuran Simolek di Ruang Podang 2 Setda Karanganyar, Senin (17/10). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan meluncurkan mobil Sarana Informasi Mobil Literasi dan Edukasi Keuangan (Simolek) di Karanganyar, 23 Oktober 2022 mendatang.

Mobil yang dilengkapi televisi besar, sound system dan panggung kecil itu akan menjadi sarana edukasi dan literasi tentang industri jasa keuangan (IJK), agar masyarakat terhindar dari praktik jasa keuangan ilegal.

Rencananya, peluncuran Simolek akan digelar di kawasan Plasa Alun-Alun dengan serangkaian seremoni, dihadiri pejabat OJK, pejabat di Pemkab Karanganyar, perwakilan IJK, serta Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie OFP.

Baca Juga: Bupati Sragen Kaget Ada Koperasi LKM Menolak Diperiksa OJK

Kepala OJK Solo Eko Yunianto mengatakan, kawasan Solo Raya mendapat satu unit mobil Simolek untuk melayani area yang menjadi wilayah tugas OJK Solo.

"Mobil itu akan digunakan IJK, baik perbankan, pasar modal, industri keuangan non bank, untuk mengedukasi masyarakat tentang IJK. Misalnya sosialisasi waspada investasi bodong, waspada pinjaman online (pinjol) ilegal, dan sebagainya," katanya, usai rapat koordinasi di Ruang Podang 2 Setda Karanganyar, Senin (17/10).

Harapannya, dari edukasi itu, masyarakat lebih paham tentang IJK yang legal dan sah, sehingga terhindar dari praktik penipuan ataupun jadi korban transaksi keuangan ilegal.

Baca Juga: OJK Ingatkan Masyarakat Soal Pinjol. Pinjol Hanya Boleh Mengakses Tiga Hal Ini, Lebih Dari Itu Ilegal

Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto berharap, keberadaan mobil Simolek akan membantu masyarakat lebih paham tentang IJK.

"Saat ini kan banyak yang belum paham, hingga sampai terjerat pinjol ilegal, jadi korban investasi bodong, dan sebagainya. OJK hadir melalui Simolek ini, untuk mencerahkan masyarakat, meliterasi masyarakat, tentang IJK yang sah dan aman," katanya.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Rumahan, Raup Cuan dari Olahan Singkong Beku

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:33 WIB

Harga Beras di Klaten Naik Hingga Rp 2.000/Kg

Minggu, 8 Januari 2023 | 07:15 WIB

Ekonomi Digital Diyakini Kian Berkembang

Minggu, 1 Januari 2023 | 20:42 WIB

UMKM di Solo Tumbuh Pesat Sepanjang 2022

Jumat, 30 Desember 2022 | 12:30 WIB
X