Ada Kampung Tape di Kemiri, Boyolali. Seperti Ini Kegiatannya

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 07:30 WIB
Perajin mengupas singkong yang akan diolah menjadi tape di Kampung Wonosari Kelurahan Kemiri, Mojosongo, Boyolali.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Perajin mengupas singkong yang akan diolah menjadi tape di Kampung Wonosari Kelurahan Kemiri, Mojosongo, Boyolali. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Ada kampung tape singkong di Boyolali. Tepatnya di Kampung Wonosari Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo. Bahkan sebagai penanda, jalan di kampung pun diberi nama Jalan Tape.

Dulu, hampir semua keluarga menjadi produsen tape tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah produsen tape terus berkurang.

Meski demikian, masih ada beberapa warga yang tetap bertahan dan menggantungkan perekonomian keluarga dengan memproduksi tape singkong.

Baca Juga: 200 Industri Kecil Menengah Gula Kelapa Paranggupito Mendapat Bantuan

Seperti dilakukan Suranti (60) yang tetap setia memproduksi tape singkong. Bahkan, dia sudah menghabiskan separo usianya untuk memproduksi olahan singkong tersebut. Dia melanjutkan usaha yang dirintis kedua orang tuanya.

“Saya sejak muda sudah membuat tape. Belajar dari ibu yang juga memiliki usaha serupa,” ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Dijelaskan, usaha kerajinan tape singkong cukup menjanjikan sebagai penopang ekonomi keluarga. Apalagi proses pembuatannya sangat mudah.

Pertama, singkong yang dibeli dari pasar kemudian dikupas kulitnya lalu dipotong-potong dan dicuci hingga bersih.

Baca Juga: Waspada! Krisis Global Berimbas Kenaikan Kredit Bermasalah di BPR

Kedua, singkong lalu direbus hingga matang dan didinginkan. Setelah dingin, singkong diberi ragi secara merata dan dimasukkan ke dalam keranjang atau tenggok yang sudah dilapisi plastik agar kedap udara. Tujuannya, agar proses fermentasi berjalan sempurna.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Rumahan, Raup Cuan dari Olahan Singkong Beku

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:33 WIB

Harga Beras di Klaten Naik Hingga Rp 2.000/Kg

Minggu, 8 Januari 2023 | 07:15 WIB

Ekonomi Digital Diyakini Kian Berkembang

Minggu, 1 Januari 2023 | 20:42 WIB

UMKM di Solo Tumbuh Pesat Sepanjang 2022

Jumat, 30 Desember 2022 | 12:30 WIB
X