Memantik Jiwa Wirausaha Mahasiswa, Ini yang Dilakukan USB Solo

- Kamis, 10 November 2022 | 10:06 WIB
Kegiatan Talkshow Kewirausahaan bertema "Entrepreneur in youth, happy in old" digelar secara daring.  (SMSolo/Evie Kusnindya)
Kegiatan Talkshow Kewirausahaan bertema "Entrepreneur in youth, happy in old" digelar secara daring. (SMSolo/Evie Kusnindya)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Tak sedikit kegiatan wirausaha yang sukses di kalangan muda. Kuncinya harus berani memulai dan jeli melihat peluang.

Berangkat dari hal itu, dalam rangka Dies Natalis Ke 25, Universitas Setia Budi (USB) Solo menggelar talkshow Kewirausahaan bertema "Entrepreneur in youth, happy in old."

Talkshow itu menghadirkan narasumber Tania Friska Wardani yang merupakan owner Twe 'N Tea dan Dodo Sartono, owner Geprek Grup Indonesia.

Baca Juga: Tes Pasar Produknya, Wirausaha Baru Mahasiswa UNS Jualan di Mal

Kegiatan itu diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USB yang dilaksanakan melalui kanal digital, Rabu (09/11).

Dekan Fakultas Ekonomi USB, Dr Widi Haryanti mengemukakan, menjadi seorang pengusaha tidak perlu menunggu tua atau berumur.

Banyak pengusaha muda yang sukses memulai bisnisnya. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa untuk memulai ide mencari peluang bisnis.

Tania Friska Wardani menceritakan awal mula ia menggeluti wirausaha. Ia memulainya dengan menjadi reseller madu dengan membranding produknya sendiri. Saat itu ia melihat adanya peluang usaha dari sabun kecantikan kulit.

Baca Juga: Ini Cara FEB UNS Memantik Semangat Mahasiswa Jadi Wirausaha

Selangkah lebih maju, ia pun menciptakan produk sabun beauty skin and health. Bisnis rintisan nya itupun terbilang berhasil.

Tania menyebutkan, seorang enterpreneur harus bisa mengubah semua risiko menjadi sebuah peluang.

"Percaya diri, serta yakin apa yang dilakukan akan membawa keberhasilan di masa mendatang, " papar Tania.

Dia mengatakan, sebelum menjalankan usaha, langkah yang paling penting adalah membentuk mental rasa percaya diri.

Baca Juga: Solo Food, Beverage and Chef Festival 2022 Pertemukan Pelaku Usaha Kuliner, Momentum Kebangkitan Pascapandemi

Selain itu dalam memulai bisnis disesuaikan dengan passion. Tania memberi tips bagi anak muda yang ingin memulai merintis bisnisnya, yakni jeli melihat peluang usaha, perbanyak relasi dan belajar, serta menemukan partner bisnis yang tepat.

Sementara itu Dodo Sartono, pemilik Geprek Grup Indonesia membagikan pengalaman sebagai perintis bisnis ayam geprek.

Dia mengaku, tidak memiliki modal besar. Ia mengawali bisnis dengan modal hanya Rp 2 juta. Dari modal itu ia mampu mengelola bisnis, hingga puncaknya sebelum pandemi Covid 19 lalu sudah memiliki 40 outlet di berbagai daerah.

"Salah satu ciri berjiwa entrepreneur adalah orang yang berani mengambil risiko," ungkap Dodo.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Rumahan, Raup Cuan dari Olahan Singkong Beku

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:33 WIB

Harga Beras di Klaten Naik Hingga Rp 2.000/Kg

Minggu, 8 Januari 2023 | 07:15 WIB

Ekonomi Digital Diyakini Kian Berkembang

Minggu, 1 Januari 2023 | 20:42 WIB
X