Tingkatkan Kualitas UMKM, Gibran Dorong Swasta Sediakan Showcase Produk

- Kamis, 10 November 2022 | 18:46 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Presiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto, bertukar cendera mata di Harris Hotel Solo, Kamis (10/11/2022).  (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Presiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto, bertukar cendera mata di Harris Hotel Solo, Kamis (10/11/2022). (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, membuka kesempatan kerja sama swasta dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Solo.

Salah satu syarat utamanya adalah pihak swasta bisa menyediakan showcase bagi produk-produk UMKM.

Hal itu disampaikan Gibran usai penyerahan bantuan CSR dari perusahaan jasa ekspedisi JNE kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se-Solo Raya dan anak yatim di Harris Hotel Solo, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Bersaing pada Lomba Kelurahan Jawa-Bali, Jebres Andalkan Potensi UMKM hingga Posyandu Remaja

“Untuk tahap awal showcase itu bisa untuk Industri Kecil Menengah (IKM) mebel lebih dulu. Tadi juga sudah membahas penyediaan tempat buat showcase produk UMKM bersama manajemen JNE,” terang Gibran.

Gibran mengaku, sudah menginstruksikan soal penyediaan showcase tersebut kepada Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Dinkop UKM Perin) Solo.

“Nanti akan ada satu tempat khusus untuk pelaku IKM mebel. Kalau mebel kan harus ada handycraft dan pernak-pernik interiornya. Yang bagus itu seperti di Inacraft di mana UMKM asal Solo banyak yang ikut.”

Baca Juga: Belum Banyak Pelaku UMKM Sadar Legalitas Produk, Ini yang dilakukan Mahasiswa FH UNS

Permintaan Gibran direspons positif Presiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto.

“Ide showcase produk UMKM ini adalah ide segar yang bakal kami kembangkan. Artinya produk UMKM tidak hanya disimpan di dalam gudang JNE saja, tapi juga dipamerkan kepada masyarakat yang bisa menjadi customer baru,” jelas dia.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Rumahan, Raup Cuan dari Olahan Singkong Beku

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:33 WIB

Harga Beras di Klaten Naik Hingga Rp 2.000/Kg

Minggu, 8 Januari 2023 | 07:15 WIB

Ekonomi Digital Diyakini Kian Berkembang

Minggu, 1 Januari 2023 | 20:42 WIB

UMKM di Solo Tumbuh Pesat Sepanjang 2022

Jumat, 30 Desember 2022 | 12:30 WIB
X