Pariwisata Solo Tumbuh, Tingkat Okupansi Hotel Mengungguli Kota Lain

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:08 WIB
Ketua BPC PHRI Surakarta Abdullah Soewarno didampingi pengurus lainnya, memberikan keterangan jelang HUT ke-54 PHRI, belum lama ini. (SMSolo/dok)
Ketua BPC PHRI Surakarta Abdullah Soewarno didampingi pengurus lainnya, memberikan keterangan jelang HUT ke-54 PHRI, belum lama ini. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Destinasi wisata di Kota Solo, belakangan ini menjadi perbicangan dan trending topik di kalangan masyarakat.

Pasalnya, banyak destinasi wisata baru yang muncul, yang menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai wilayah untuk berkunjung ke Solo.

"Sektor pariwisata memang sedang digenjot oleh Pemkot Solo. Awal Januari 2023 ini saja, ada dua objek wisata yang diresmikan. Yakni Taman Pracima Twin di Pura Mangkunegaran, serta kebun binatang Solo Safari," kata Ketua BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta Abdullah Soewarno.

Baca Juga: Pembunuh Siswi SMP di Sukoharjo Tertangkap. Ini Dia Tampangnya!

Beberapa waktu sebelumnya, Masjid Raya Syeikh Zayed diresmikan. Pesona masjid ini, membuat wisatawan banyak yang datang berkunjung ke Solo.

"Momentum tahun baru Imlek juga dikemas bagus, dengan menyuguhkan dekorasi yang indah, yang membuat orang ingin datang ke Solo," tuturnya.

Baca Juga: Hingga Sore Ini Kebakaran di PT Adiraksa Belum Padam. Pasukan Damkar Terkendala Pasokan Air

Kondisi tersebut, otomatis berimbas pada tingkat hunian hotel di Kota Bengawan. Rata-rata tingkat okupansinya mencapai 89 persen, sebagai dampak perkembangan pariwisata yang pesat. "Angka tersebut mengungguli kota-kota lainnya," ujarnya.

Sejalan dengan tingkat okupansi yang tinggi, sempat beredar informasi bahwa Pemkot Surakarta memberikan potongan pajak hotel sebesar 5 persen bagi hotel yang memberikan diskon kepada tamu.

Baca Juga: Kenapa Nama Jurug Hilang Diganti Solo Safari? Ini Alasan dan Tujuan Gibran

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Rumahan, Raup Cuan dari Olahan Singkong Beku

Kamis, 26 Januari 2023 | 16:33 WIB

Harga Beras di Klaten Naik Hingga Rp 2.000/Kg

Minggu, 8 Januari 2023 | 07:15 WIB

Ekonomi Digital Diyakini Kian Berkembang

Minggu, 1 Januari 2023 | 20:42 WIB

UMKM di Solo Tumbuh Pesat Sepanjang 2022

Jumat, 30 Desember 2022 | 12:30 WIB
X