Jelang Idul Fitri, Pengelola Pariwisata Diminta Perhatikan Keselamatan dan Kenyamanan Pengunjung

- Jumat, 31 Maret 2023 | 19:25 WIB
Peserta rapat koordinasi persiapan menyambut momentum Idul Fitri berfoto bersama usai acara, Jumat (31/3).(SMSolo/dok)
Peserta rapat koordinasi persiapan menyambut momentum Idul Fitri berfoto bersama usai acara, Jumat (31/3).(SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Para pelaku usaha pariwisata di Karanganyar diminta memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan pengunjung, pada masa libur Idul Fitri mendatang.

Diperkirakan, pada musim libur Lebaran nanti ribuan wisatawan akan mendatangi objek-objek wisata yang tersebar di berbagai kecamatan di Karanganyar. Banyaknya wisatawan yang berkunjung juga karena telah lepasnya masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Wakapolres Karanganyar Kompol Purbo Adjar Waskito, dalam rapat koordinasi Polres Karanganyar bersama Disparpora Karanganyar dan pengelola usaha pariwisata, Jumat (31/3).

Baca Juga: Diprotes, Pungutan Retribusi Masuk Kawasan Kemuning Sky Hills Akhirnya Dihentikan

Rapat koordinasi itu dalam rangka persiapan menyambut momentum Idul Fitri 2023.

"Semua pihak, termasuk pelaku usaha pariwisata, diharapkan bisa menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Kami dari Polres Karanganyar juga brtanggung jawab terhadap masalah kamtibmas, juga kelancaran arus lalu lintas. Semuanya agar masyarakat bisa menikmati libur Lebaran dengan nyaman," katanya.

Baca Juga: Kawasan Wisata River Tubing dan Umbul Besuki Banjir Luapan Sungai Pusur, 40 Peserta Pemandu Wisata Terjebak

Pos-pos kesehatan disiapkan untuk antisipasi jika ada masyarakat yang mengalami persoalan kesehatan, bisa segera mengakses layanan.

"Kami juga berpesan agar pelaku usaha pariwisata memperhatikan faktor keselamatan pengunjung. Misalnya untuk wahana jeep adventure yang ada di Tawangmangu atau Ngargoyoso, harus memperhatikan faktor keselamatan penumpang," tandas Wakapolres.

Cek kesiapan kendaraan, harus selalu dilakukan. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang akan membahayakan penumpang.

Baca Juga: Berapa Harga Tiket Masuk ke Candi Prambanan di Musim Liburan? Berikut Informasinya

"Pastikan standar operasional prosedur (SOP) diterapkan, untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Jangan menyetir secara ugal-ugalan, yang bisa membahayakan dan menyebabkan kecelakaan," pesannya.

Kepala Disparpora Karanganyar Hari Purnomo mengatakan, banyaknya pemudik dari luar kota akan memanfaatkan masa liburnya dengan berwisata.

"Jadi objek-objek wisata akan padat pengunjung. Kami sudah mengeluarkan surat edaran kepada pengelola objek wisata, agar mempersiapkan segala sesuatu.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X