Melihat Potensi Alam di Kecamatan Bulu, Sukoharjo

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:56 WIB
Gunung Sepikul di Desa Tiyaran, kecamatan Bulu, Sukoharjo. SMSolo/Heru SW
Gunung Sepikul di Desa Tiyaran, kecamatan Bulu, Sukoharjo. SMSolo/Heru SW

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.comKecamatan Bulu selama ini lebih akrab dikenal sebagai salah satu wilayah di Kabupaten Sukoharjo yang akrab dengan bencana. Baik itu longsor serta kekeringan.

Namun jika ditelisik lebih mendalam, ternyata ada potensi-potensi alam yang cukup memesona dan layak menjadi salah satu destinasi wisata. Sebut saja, obyek wisata Batu Seribu atau yang lebih sering disebut dengan Bangseng di Desa Gentan. Obyek wisata ini memang sudah sering disentuh anggaran (APBD).

Terakhir, Pemkab telah menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk rehap dan penambahan ornamen agar menarik pengunjung. Tercatat ada penataan wajah baru di obyek wisata ini. Di antaranya, kolam renang, ikon Batu Seribu dan lainnya.

Dengan posisi yang mudah terjangkau, sebenarnya lokasi ini sangat layak untuk ditawarkan pada khalayak. Selain menikmati suasana alam, di sini pengunjung juga bisa melihat perbukitan seribu yang berjajar mulai dari barta hingga timur.

Bergeser sedikit dari area batu seribu, tepatnya ke sisi barat, pengunjung dapat menikmati indahnya bendungan air atau embung. Dari sini, terlihat jelas barisan pohon di bawah bukit yang seolah melindungi bendungan tersebut agar teduh.

Para pengunjungpun bisa bersantai dengan memancing di lokasi yang asri ini. Namun sayang, lokasi ini masih belum begitu tereksplore oleh pihak-pihak terkait. Keindahan alam tersebut seolah terbengkalai begitu saja tanpa ada sentuhan yang berarti.

Lepas dari obyek batu seribu, pengunjung juga bisa menikmati wisata yang memacu adrenalin yaitu mendaki Gunung Sepikul. Dengan latarbelakang cerita yang sangat unik, gunung sepikul benar-benar menawarkan keindahan pemandangan yang eksotis.

Sebab dari puncak gunung ini, pengunjung bisa menikmati hamparan sawah yang sangat memesona. Tidak ketinggalan perbuktian seribu yang berjajar di sisi selatan juga menambah eksotisnya pemandangan di tempat ini.

Tidak jarang, banyak pasangan yang rela bermandi peluh untuk foto pre wedding hingga sekedar swafoto di puncak Sepikul. Terlebih, perjalanan menuju puncak ini bisa ditempuh tidak kurang dari setengah jam saja.

Keindahan gunung sepikul juga bisa dinikmati dari jalan utama menuju obyek wisata Batu Seribu. Dari sini, pecinta fotografi utamanya, bisa mengabadikan pemandangan petani di sawah dengan latar belakang gunung sepikul. Pagi hari merupakan waktu yang pas bagi penggemar fotografi untuk melihat sunrise menyembul dari balik gunung sepikul.

Selain Gunung Sepikul, juga terdapat Gunung Pegat yang ada di Desa Karagasem. Dengan posisi yang mudah dijangkau, potensi di gunung ini sangat besar. Terutama bagi penggemar matahari terbit atau sunrise. Sebab, pemandangan matahari terbit di gunung ini cukup eksotis dengan biground Gunung Lawu, serta persawahan yang menghampar.

Pendapatan Asli Daerah

Terkait dengan potensi-potensi alam yang ada di Kecamatan Bulu tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo yang membidangi Pariwisata, telah berupaya melakukan berbagai terobosan. Namun dinas mengakui masih ada keterbatasan untuk bisa lebih mengeksplore potensi yang ada di sana.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Pembangunan Agro Science Techno Park Jimbung Dimulai

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:16 WIB

Desa Conto Masuk Nominasi Desa Wisata Tingkat Jateng

Kamis, 21 Oktober 2021 | 05:25 WIB

Asyik, Kebun Raya Indrokilo Boyolali Dibuka Kembali

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:55 WIB
X