Naik Gondola, Nyeruput Kopi Sambil Menikmati Pemandangan Merapi dari Girpasang

- Jumat, 17 Desember 2021 | 19:15 WIB
Pengunjung naik gondola menuju Girpasang di lereng merapi.(SMSolo/Mera)
Pengunjung naik gondola menuju Girpasang di lereng merapi.(SMSolo/Mera)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Meski ancaman letusannya mengerikan, namun harus diakui pemandangan Gunung Merapi memang menakjubkan. Udaranya yang sejuk dan hamparan hijau cocok dinikmati sambil menyeruput kopi.

Tak heran bila Girpasang, sebuah dukuh terpencil di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten menjadi salah satu tempat favorit untuk refreshing dan mendapatkan udara segar.

Dukuh yang diapit dua jurang sedalam 150 meter di lereng Gunung Merapi itu, awalnya hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki naik turun tebing curam sejauh 3 km.

Baca Juga: Depresi, Seorang Kakek di Boyolali Gantung Diri di Atas Makam Isteri dan Anak

Namun, kini sudah ada tangga dan pengaman. Bila tak ingin capek, sudah disediakan gondola sederhana yang hanya muat 4 orang. Cukup merogoh kocek Rp 60.000 untuk 4 orang sudah bisa menyeberang jurang.

Namun bagi yang takut ketinggian sebaiknya pikir-pikir ulang. Karena dari dasar gondola kita bisa langsung melihat dasar jurang. Siap-siap bikin deg-degan selama kurang lebih 5 menit.

"Lumayan ngeri juga naik gondola, bawahnya berlubang-lubang sehingga terlihat jelas," kata Rama Zakaria dari Aqua Klaten yang baru pertama naik gondola saat Aqua menggelar acara tanam pohon di sana.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Polres Sukoharjo 'Parkir' Dana Senilai Rp 700 Juta

Begitu tiba di seberang jurang, pengunjung hanya perlu berjalan naik sekitar 200 meter untuk sampai di Omah Kopi Girpasang. Ada gadis-gadis barista yang siap menyajikan aneka kopi sesuai selera, kopi Vietnam pun ada di sana.

Di belakangnya, ada dapur tradisional dengan bakan bakar untuk memasak, meski juga ada kompor gas. Ada nasi gurih dan nasi jagung yang bisa dinikmati dengan aneka lauk pilihan, seperti gereh, ayam sambal dan lainnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tujuh Puncak Gunung Paling Spektakuler di Wonogiri

Jumat, 25 Februari 2022 | 20:45 WIB
X