BPOM Resmikan Paxlovid sebagai Obat Covid-19, Ini Aturan Pakainya

- Selasa, 19 Juli 2022 | 06:24 WIB
. (SMSolo/dok)
. (SMSolo/dok)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Badan Pengawas Obat, dan Makanan (Badan POM) meresmikan obat Paxlovid tablet selaput sebagai obat Covid-19. Obat itu dikembangkan dan diproduksi oleh Pfizer.

Dikutip dari Pom.go.id, Senin (18/7/2022), izin penggunaan resmi obat Paxlovid itu diterbitkan melalui Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) sebagai obat Covid-19.

Penerbitan izin penggunaan obat Paxlovid itu diungkapkan langsung Kepala Badan POM RI, Penny K Lukito. Menurutnya, Paxlovid merupakan terapi antivirus inhibitor protease SARS-CoV-2.

Baca Juga: Mempercepat Endemi, Pemerintah Daerah Diminta Intensif Sosialisasikan Vaksin Booster

‘’Paxlovid yang disetujui berupa tablet salut selaput dalam bentuk kombipak, yang terdiri dari Nirmatrelvir 150 mg dan Ritonavir 100 mg dengan indikasi untuk mengobati Covid-19 pada orang dewasa yang tidak memerlukan oksigen tambahan dan yang berisiko tinggi terjadi progresivitas menuju covid-19 berat,’’ kata Penny K Lukito.

Penny K Lukito juga menjelaskan anjuran dosis yang boleh dikonsumsi masyarakat, yakni 300 mg Nirmatrelvir (dua tablet 150 mg) dengan 100 mg Ritonavir (satu tablet 100 mg) yang diminum bersama-sama dua kali sehari selama 5 (lima) hari.

Rantai pasokan Paxlovid akan diawasi langsung Badan POM. Badan POM juga akan melakukan pengawasan penuh mulai dari Bahan Baku Obat (BBO), sarana produksi, sarana distribusi, pelaksanaan sampling, hingga pengujian obat.

Baca Juga: Sempat Diguyur Hujan Deras, Vaksin Booster Pfizer Polres Klaten Banjir Peminat

Pengawasan itu bertujuan menjaga keamanan, khasiat, dan mutu obat Covid-19 yang akan segera beredar. Badan POM juga mengantisipasi penggunaan obat produksi Pfizer itu secara ilegal.

Meski obat Paxlovid sudah diresmikan, namun Badan POM tetap menghimbau masyarakat untuk tidak menyepelekan Covid-19, dengan tetap menerapkan prokes agar tidak tertular.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mencegah Anemia di Kalangan Siswa Melalui Insta Story

Senin, 21 November 2022 | 19:26 WIB

Tim Pengabdian UMS Berinisiasi Membentuk Poskestren

Kamis, 15 September 2022 | 15:24 WIB

Hati-hati, Pestisida Lebih Berbahaya untuk Perempuan

Kamis, 8 September 2022 | 20:40 WIB
X