Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta, Ini Kata Presiden Jokowi

- Jumat, 22 Juli 2022 | 16:25 WIB
Komodo (SMSolo/dok Kemenparekraf)
Komodo (SMSolo/dok Kemenparekraf)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan tiket masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar senilai Rp 3,75 juta.

Harga tiket yang tidak murah dan sulit dijangkau masyarakat kalangan menengah ke bawah, banyak diprotes masyarakat. Mengapa harganya dipatok begitu mahal?

Ini penjelasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kanal YouTube Sekretariat Presiden, soal mengapa harga tiket masuk ke Pulau Komodo ditentukan Rp 3,75 juta.

Baca Juga: Yuditeha, Penulis Sastra yang Setia Jadi Tukang Cukur Rambut: Tak Banyak Diketahui Jadi Penulis Komodo Inside

‘’Kami ingin konservasi, tapi kami juga ingin (meningkatkan) ekonomi lewat turisme, lewat wisatawan. Ini harus seimbang,’’ kata Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi pada kunjungannya di Pulau Rinca, NTT, Kamis (21/7/2022).

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, kenaikan harga tiket masuk ke Pulau Komodo diputuskan sebagai bentuk konservasi bagi hewan-hewan yang tinggal di sana.

Baca Juga: Tiket Masuk Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Ini Alasannya

‘’Sebenarnya sesimpel itu. Jangan dibawa ke mana-mana, karena pegiat-pegiat lingkungan, pegiat konservasi juga harus kita hargai masukannya,’’ ujar Jokowi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sony Zeth Libing mengatakan, pihaknya sangat menghargai aspirasi masyarakat yang menolak kenaikan tiket masuk Rp 3,75 juta ke Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X