BPPD Solo dan BPPD di Wilayah DIY Sepakat Garap Promosi Wisata Joglosemar

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:56 WIB
BPPD Solo mengadakan pertemuan dengan BPPD wilayah DIY untuk menjalin kerja sama menggarap wisata Joglosemar di Hotel Grand Inna Yogyakarta pada Kamis (4/8) pekan lalu. (SMSolo/dok)
BPPD Solo mengadakan pertemuan dengan BPPD wilayah DIY untuk menjalin kerja sama menggarap wisata Joglosemar di Hotel Grand Inna Yogyakarta pada Kamis (4/8) pekan lalu. (SMSolo/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Surakarta, pengurus BPPD Provinsi DIY dan BPD-BPD di lingkungan provinsi itu, mengelar pertemuan di Hotel Grand Inna Yogyakarta, Kamis (4/8/).

Pertemuan itu untuk melakukan kerja sama pengembangan wisata di kawasan Jogja, Solo dan Semarang.

Kedatangan pengurus BPPD Kota Surakarta juga untuk meneken MoU dengan BP2KY Kota Yogyakarta, BPPD Sleman, BPPD Gunungkidul, BPPD Kulonprogo dan BPPD Bantul, Ketua BPPD Provinsi DIY, GKR Bendoro.

Baca Juga: Lesung Diangkat Jadi Daya Tarik Wisata Desa Kaliwedi

Ketua BPPD Kota Surakarta, Retno Wulandari mengatakan, mengelola sektor pariwisata harus dilakukan secara kolaboratif antarwilayah administratif. Karena itu perlu dijalin kerja sama antardaerah untuk memfasilitasi upaya-upaya promosi bersama.

“Mengelola pariwisata itu memang tidak boleh terjebak dalam sekat-sekat administratif pemerintah daerah, maka harus digalang pola memasarkan produk pariwisata secara bersama-sama antardaerah terutama yang letaknya berdekatan,” kata Retno.

Kerja sama itu meliputi sejumlah hal. Di antaranya membuat program dan kegiatan promosi bersama. Memfasilitasi komunikasi dan informasi yang memajukan industri pariwisata di Kota Surakarta dan seluruh kabupaten/kota di Provinsi DIY.

Baca Juga: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta, Ini Kata Presiden Jokowi

Pengurus BPPD Kota Surakarta hadir lengkap, yakni Retno Wulandari (Ketua), Andre Rahmanto (Wakil Ketua), Pri Siswanto (Sekretaris). Juga para anggota, yakni Abdullah Soewarno, Anas Syahirul, Irfan Fadly, Ika Florentina dan Sadrah Sumaryoso.

Ketua BPPD DIY GKR Bendoro menyampaikan, sinergi, kebersamaan dan kolaborasi harus dikedepankan dalam mengelola pariwisata. Karena itu, pihaknya menyambut baik kerja sama antara BPPD DIY, BPPD Jawa Tengah, BPPD Kota Surakarta dan BPPD yang ada di wilayah Provinsi DIY untuk promosi wisata di kawasan Joglosemar (Jogjakarta, Solo dan Semarang).

“Ini langkah yang baik, karena sudah terjadi kesepahaman di antara kita untuk menggarap promosi, branding dan pengembangan wisata secara bersama-sama. Sehingga diharapkan akan bisa saling melengkapi,” ungkap GKR Bendoro.

Baca Juga: Rebranding, Menghapus Mitos Kelam Gunung Kemukus

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X