Ada Yoni Terbalik di Makam Bodean Banyudono. Diduga, Awalnya Candi atau Bangunan Pemujaan

- Kamis, 15 September 2022 | 12:55 WIB
Sebuah yoni berukuran besar di makam Dukuh Bodean Desa Dukuh Kecamatan Banyudono, Boyolali, posisinya terbalik. (SMSolo/Joko Murdowo)
Sebuah yoni berukuran besar di makam Dukuh Bodean Desa Dukuh Kecamatan Banyudono, Boyolali, posisinya terbalik. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Wilayah Boyolali memang kaya dengan benda peninggalan purbakala. Salah satunya batu yoni di pemakaman umum Dukuh Bodean Desa Dukuh Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Setidaknya ada tiga yoni di makam yang berada di sisi barat pemukiman warga. Satu yoni berukuran besar dan dua lainnya berukuran lebih kecil. Uniknya, yoni tersebut dalam posisi terbalik.

Warga tidak tahu sejak kapan keberadaan yoni tersebut, termasuk posisi yoni yang terbalik. Yang mereka tahu, yoni sudah ada di makam tersebut sejak dulu.

Baca Juga: Ada Yoni Raksasa di Makam Desa Tlawong, Kecamatan Sawit

Pegiat sejarah Boyolali R Surojo meyakini, bangunan makam Bodean dulunya adalah tempat pemujaan agama Hindu. Bangunan candi tidak dibuat dari batu. Namun sudah dibangun menggunakan batu bata kuno.

“Sehingga diperkirakan pembuatannya sekitar abad 14-15,” ujarnya, Kamis (15/9/2022).

Hal itu dibuktikan saat warga menggali makam untuk mengubur orang yang meninggal. Warga sering menemukan batu bata kuno yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan batu bata yang ada saat ini.

Baca Juga: Situs Candi Sari, Peninggalan Mataram Hindu Kuno di Puncak Bukit Kecil Lereng Merapi

Terkait kondisi yoni yang terbalik, Surojo menduga yoni tersebut sengaja dibalik masyarakat sekitar. Mengingat ada peralihan kepercayaan atau agama yang dianut masyarakat kala itu.

“Yaitu pergeseran dari Hindu ke Islam, seiring mulainya peradaban Islam yang ditandai berdirinya Kerajaan Demak,” tutur Surojo.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kirab Budaya di Desa Sidomulyo, Ampel Boyolali, Meriah

Jumat, 9 September 2022 | 13:59 WIB
X