Tim Pengabdian UMS Berinisiasi Membentuk Poskestren

- Kamis, 15 September 2022 | 15:24 WIB
Tim pengabdian UMS dalam membahas perlunya dibentuk Poskestren Muhammadiyah Boarding School Jogjakarta, 10 September 2022. (SMSolo/dok)
Tim pengabdian UMS dalam membahas perlunya dibentuk Poskestren Muhammadiyah Boarding School Jogjakarta, 10 September 2022. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berinisiasi membentuk Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

Pembentukan Poskestren itu berlandaskan pada usaha kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) di sekolah yang siswanya wajib boarding di asrama.

Ketua Tim PkM P2DAI UMS Dr Mutalazimah MKes menyebut hal itu sebagai alasannya melakukan pengabdian di Poskestren Muhammdiyah Boarding School Jogjakarta, 10 September dan 17 September 2022.

Baca Juga: Sambut Mahasiswa Baru, Rektor UMS Kemudikan Mobil Listrik

Poskestren diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan menyeluruh, agar kesehatan warga pesantren dan sekitarnya lebih terjamin,’’ kata Mutalazimah, Rabu (14/9).

Menurutnya, penyelenggaraan Poskestren diatur dalam Permenkes Nomor 1 Tahun 2013.

Dia mengungkapkan, masalah kesehatan di lingkup itu didominasi penyakit kulit, diare, ISPA, DBD, hepatitis dan masalah lain terkait gangguan pertumbuhan maupun perkembangan psikososial.

Baca Juga: Mahasiswa Double Degree UMS di Korea Disambangi Sang Rektor

Semuanya berdampak pada kualitas hidup terutama remaja usia sekolah.

'’Mengingat pentingnya hal tersebut, maka UMS lewat Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) skim Pengembangan Persyarikatan, Dakwah dan Al Islam Kemuhammadiyahan (P2DAI) berinisiasi mengembangkan poskestren di Ponpes Modern MBS Sleman Yogyakarta. Pendampingannya 6 bulan ke depan dan akan berlanjut sampai tuntas,’’ jelasnya.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mencegah Anemia di Kalangan Siswa Melalui Insta Story

Senin, 21 November 2022 | 19:26 WIB

Tim Pengabdian UMS Berinisiasi Membentuk Poskestren

Kamis, 15 September 2022 | 15:24 WIB

Hati-hati, Pestisida Lebih Berbahaya untuk Perempuan

Kamis, 8 September 2022 | 20:40 WIB

Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah, Apa itu?

Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:20 WIB
X