Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel Rintis Wisata Village Jip Tour

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:35 WIB
Sejumlah jip membawa wisawatan merintis jalur untuk wisata Jip Tour di Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel, Boyolali.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Sejumlah jip membawa wisawatan merintis jalur untuk wisata Jip Tour di Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel, Boyolali. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Rintisan desa wisata di Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel, Boyolali terus dimantapkan. Yaitu dengan mengembangkan potensi desa berbasis alam untuk menjadi salah satu destinasi wisata desa berkualitas.

Saat ini, Desa Wisata Banyuanyar  yang berada di lereng Merapi-Merbabu itu sudah memiliki Branding Kampus Kopi atau Kampung Susu dan Kopi.

Bahkan branding tersebut sudah mulai dikenal masyarakat luas dengan perkembangan pengelolaan, pengolahan, dan pemasaran susu dan kopi.

Baca Juga: 13 Peserta Ikuti Workshop Tenun dan Wisata Budaya di Prambanan

“Bahkan pemasarannya tak hanya skala lokal, namun juga nasional hingga internasional,” ujar Kades Banyuanyar, Komarudin, Rabu (5/10).

Dijelaskan, pengembangan wisata berbasis alam antara lain dilakukan dengan melakukan survei perdana rute jalur wisata Jip Tour.

Kegiatan itu kerja sama antara Bumdesa Kampus Kopi, Pemerintah Desa Banyuanyar, wisatawan dan didukung komunitas Boyolali Jip Adventure (BJA).

Baca Juga: Seru, Jelajah Boyolali Naik VW Kuno di Sore Hari. Berikut Daftar Rutenya

Adapun jalur wisata yang dipilih dalam Jip Village Tour ini memiliki durasi selama 2 jam. Rutenya keliling desa dengan berbagai kondisi trek, mulai jalan aspal, tanah, dan sungai namun tetap aman untuk wisatawan.

Ada 5 titik pemberhentian di sektor UMKM menjadi daya jual paket wisata. Seperti proses pengolahan susu sapi, madu dan tempe gembus. Juga perkebunan kopi di Dukuh Jumbleng yang dikelola kelompok Berkah Kopi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dibuka Kembali, Pengunjung Solo Safari Masih Dibatasi

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:12 WIB

Akhir Tahun, Bukit Sidoguro Bakal Dibuka Sampai Malam

Selasa, 20 Desember 2022 | 07:27 WIB
X