Misteri Batu Gong di Pinggir Kali Pepe Boyolali. Konon Sering Terdengar Suara Gamelan

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 15:09 WIB
Batu gong teronggok di pinggiran Kali Pepe Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali Kota serta tertutup semak belukar. ( SMSolo/Joko Murdowo)
Batu gong teronggok di pinggiran Kali Pepe Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali Kota serta tertutup semak belukar. ( SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Jika dilihat sekilas, batu di sebuah ladang yang masuk wilayah Dukuh Ngablak Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali Kota itu, tak ada bedanya dengan batu biasa. Kecuali, ukurannya yang memang sangat besar.

Namun ada misteri yang menyelimutinya. Warga sekitar meyakini jika batu besar yang ada di atas jurang dekat Kali Pepe itu, bukan sembarang batu.

Dua buah batu bertumpuk tersebut dinamai warga sebagai Batu Gong. Mengapa?

Baca Juga: Misteri Situs Candi Tlawong Boyolali, Konon Dijaga Ular Besar

Yatno, warga sekitar mengaku ada cerita turun-temurun mengenai batu itu. Konon, banyak masyarakat yang kerap mendengar suara gamelan dari batu tersebut.

Biasanya, suara gending dari gamelan lengkap layaknya musik pengiring wayang kulit terdengar pada malam Jumat.

“Warga sekitar sini banyak yang mendengar suara gamelan ini. Sehingga batu besar ini dinamai Batu Gong,” katanya, Rabu (12/10).

Baca Juga: Misteri Waduk Cengklik di Kecamatan Ngemplak Boyolali, Benarkah Berupa Sebuah Kota Besar?

Dia menjelaskan, cerita suara gamelan itu sudah turun- temurun. Banyak warga yang juga menyakini, batu tersebut dihuni sesosok ular besar.

“Tapi bukan ular biasa. Hanya orang-orang tertentu yang melihat. Itu pun harus dengan laku khusus yang tak sembarang orang bisa melakukannya.”

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X