Tim Pengabdian LPPM UNS Kembangkan Program Desa Wisata Girilayu

- Senin, 17 Oktober 2022 | 20:23 WIB
Tim Pengabdian LPPM UNS memaparkan kegiatan untuk meningkatkan branding dari batik maupun desa wisata Girilayu.  (SMSolo/dok)
Tim Pengabdian LPPM UNS memaparkan kegiatan untuk meningkatkan branding dari batik maupun desa wisata Girilayu. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Desa Girilayu Kabupaten Karanganyar dikenal memiliki potensi keindahan alam. Selain itu masyarakat desa tersebut juga memiliki keahlian untuk membuat batik tulis.

Sayangnya dua potensi Desa Girilayu tersebut belum banyak dikenal secara luas oleh masyarakat.

Berangkat dari kondisi tersebut Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kompetitif Nasional dengan judul "Pengembangan Desa Wisata Batik di Desa Girilayu Berbasis Local Wisdom Menuju Global Market mengembangkan Program Pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu."

Baca Juga: Laporan Lesti Kejora Dicabut, Komnas Perempuan Minta Kasus KDRT Dilanjutkan

LPPM UNS melalui Pusat Studi Pendamping Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) memberikan pendampingan bagi Pemerintah Desa Girilayu, BumDes, Pokdarwis, dan para perajin batik dalam kelompok Batik Giriarum.

Adapun program tersebut dimulai sejak Mei hingga Oktober 2022. Kegiatan pengabdian tersebut diketuai Yayan Suherlan dengan beranggotakan Dr. Erlyna Wida Riptanti dan Nidyah Widyamurti ini juga turut melibatkan tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual, Sekolah Vokasi (SV) UNS.

Baca Juga: Teman Sebangku Jokowi di SMAN 6 Solo Murka saat Ijazah Presiden Disebut Palsu

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk daya dukung LPPM-UNS kepada seluruh elemen masyarakat Girilayu sebagai bentuk tanggung jawab akademisi sebagai elemen Pentahelix dalam bidang pariwisata," kata Yayan Suherlan.

Dikatakan, sinergitas antar instansi sangat dibutuhkan masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Akademisi berperan penting dalam memberikan pandangan dan analisis serta dapat memberikan formula yang tepat guna kemajuan program wisata.

Baca Juga: Jadi Kurir Teddy Minahasa, Kapolsek Kalibaru Dicopot!

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dibuka Kembali, Pengunjung Solo Safari Masih Dibatasi

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:12 WIB

Akhir Tahun, Bukit Sidoguro Bakal Dibuka Sampai Malam

Selasa, 20 Desember 2022 | 07:27 WIB
X