Empat Hal Jadi Kunci Keberhasilan Pengobatan Kanker. Apa Saja?

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 08:20 WIB
Seminar Kesehatan untuk Penyintas Kanker Payudara “Hidup Sehat Bagi Penderita Kanker Payudara” di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Solo.  (SMSolo/dok)
Seminar Kesehatan untuk Penyintas Kanker Payudara “Hidup Sehat Bagi Penderita Kanker Payudara” di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Solo. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Setidaknya terdapat empat hal yang menjadi kunci keberhasilan pengobatan untuk pasien kanker.

Yang pertama yakni pengobatan sesuai saran medis dokter, nutrisi dan pengaturan pola makan yang sehat, melakukan screening atau pemantauan rutin terhadap kondisi pasien serta hati yang selalu bahagia.

Hal itu dikemukakan Dokter Spesialis Bedah Onkologi RS PKU Muhammadiyah Surakarta dokter Hengky Agung Nugroho SpB Onk dalam Seminar Kesehatan untuk Penyintas Kanker Payudara “Hidup Sehat Bagi Penderita Kanker Payudara” di Aula Baitul Hikmah RS PKU setempat.

Baca Juga: Panggung Pertama Ari Lasso Usai Sembuh dari Kanker Penuh Haru dan Emosional

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS PKU Muhammadiyah Surakarta dokter Amelya Augusthina Ayusari menambahkan, nutrisi yang baik dan tepat berperan penting dalam membantu penyembuhan pasien kanker.

Di sisi lain, pasien kanker mengalami penurunan nafsu makan yang hebat. Mereka juga mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah mengalami infeksi.

"Karena itu pendekatan psikologis sangat penting dilakukan misal memberikan edukasi bahwa nutrisi yang baik akan membantu mempercepat penyembuhan penyakit, " katanya.

Baca Juga: Didiagnosis Kanker, Seorang Ibu Sewa Billboard untuk 'Promosi' Anaknya

Amelya juga menyarankan agar pasien kanker menghindari minum sebelum makan. Selain itu, pengaturan makan perlu diperhatikan, seperti energi tinggi, protein tinggi, lemak sedang, cukup karbohidrat, vitamin, mineral, serta makanan harus steril dikarenakan penderita kanker mengalami penurunan imun.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia. Selain itu juga merupakan rangkaian dari kegiatan Sambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48, Milad ke-95 RS PKU Muhammadiyah Surakarta dan Hari Kesehatan Nasional Ke-58.

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kepedulian tanggung jawab RS PKU kepada pasien-pasiennya yang tergabung dalam komunitas Grup Sehat Semangat binaan dokter spesialis onkologi RS PKU Muhammadiyah.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mencegah Anemia di Kalangan Siswa Melalui Insta Story

Senin, 21 November 2022 | 19:26 WIB

Tim Pengabdian UMS Berinisiasi Membentuk Poskestren

Kamis, 15 September 2022 | 15:24 WIB

Hati-hati, Pestisida Lebih Berbahaya untuk Perempuan

Kamis, 8 September 2022 | 20:40 WIB
X