Mau Berlibur? Inilah 9 Pantai Paling Keren di Wonogiri, Mulai Perbatasan Jatim Sampai DIY

- Jumat, 4 November 2022 | 19:04 WIB
Pantai Karang Payung yang eksotis di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.  (SMSolo/Khalid Yogi)
Pantai Karang Payung yang eksotis di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Kabupaten Wonogiri memiliki garis pantai sepanjang 14 kilometer, membentang dari perbatasan Jateng-Jatim sampai perbatasan Jateng-DIY. Alhasil, Wonogiri juga mempunyai pantai-pantai keren yang indah.

Camat Paranggupito, Catur Susilo Prono mengatakan, pantai-pantai di wilayahnya menyimpan pemandangan yang eksotik dan mengagumkan.

Berikut ini daftar pantai-pantai paling keren milik Kabupaten Wonogiri, mulai dari timur sampai barat, dari perbatasan Jatim hingga DIY:

Baca Juga: Pantai Klotok Paranggupito akan Digelontor Dana Rp5,1 Miliar, Untuk Apa?

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu berada di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Pantai itu berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bahkan sebagian pantai masuk wilayah Provinsi Jateng, sebagian lainnya sudah masuk wilayah Jatim.

Pantai Nampu merupakan pantai paling populer di Kabupaten Wonogiri. Pantai ini dihiasi pasir putih yang paling panjang di kabupaten tersebut.

2. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono berada tepat di sebelah barat Pantai Nampu. Kedua pantai tersebut hanya dibatasi sebidang bukit. Pantai itu masih masuk wilayah Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, namun belum banyak dikunjungi sehingga masih terlihat perawan.

Baca Juga: Hujan Deras Mengguyur sejak Jumat, Talut Pintu Masuk Pantai Krakal Longsor

Pantai Pringjono juga mempunyai hamparan pasir putih meskipun tidak sepanjang Pantai Nampu. Di salah satu sudut pantai dapat dijumpai sebuah air terjun kecil. Adapun sekelilingnya diapit tebing-tebing curam sehingga menambah kesan eksotis.

3. Pantai Waru

Pantai Waru juga berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Di salah satu sudutnya terdapat sebuah dermaga yang tidak terpakai. Pantai tersebut pernah diproyeksikan sebagai pelabuhan pendaratan ikan. Namun karena ombak terlalu tinggi dan banyaknya bebatuan karang, dermaganya tidak terpakai.

Di sisi lain, sebelah utara Pantai Waru terdapat sumber air yang keluar dari sungai bawah tanah. Sumber air tersebut dimanfaatkan untuk menyuplai air bersih PDAM dan masyarakat setempat.

Baca Juga: Geger! Seekor Hiu Tutul Sepanjag 15 Meter Terdampar di Pantai Rajawalit Cilacap

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dibuka Kembali, Pengunjung Solo Safari Masih Dibatasi

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:12 WIB
X