Belum Terlalu Tenar, 4 Destinasi Wisata Air di Karanganyar Ini Tak Kalah Menawan

- Minggu, 6 November 2022 | 09:13 WIB
Air Terjun Jumog di lereng Gunung Lawu, Karanganyar. (jatengprov.go.id)
Air Terjun Jumog di lereng Gunung Lawu, Karanganyar. (jatengprov.go.id)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Belum setenar Grojogan Sewu Tawangmangu, namun beberapa destinasi wisata air lain di Karanganyar juga tak kalah menawan.

Memang, daerah yang berada di lereng Gunung Lawu tersebut kaya dengan potensi wisata. Tak hanya wisata alam pegunungan dan perbukitan, namun juga perkebunan dan air terjun, yang semuanya sering berbalut dengan selimut kabut.

Hawa dingin dan udara segar juga menjadi bagiannya. Jadi sangat cocok dijadikan pilihan ketika mau berlibur melepas kepenatan.

Baca Juga: Desa Wisata Banyuanyar Boyolali Dilaunching. Ini Unggulannya

Berikut destinasi wisata air di Karanganyar yang juga menawan:

1. Air Terjun Jumog

Air terjun ini berada di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya berada sekitar 500 meter sebelah barat Candi Sukuh.

Air terjun yang berpadu dengan lingkungan asri, di kaki Gunung Lawu itu membuat suasana sangat tenang dan terasa sejuk bagi pengunjungnya. Selain air terjun, kawasan wisata Jumog juga dilengkapi kolam renang bagi pengunjung yang hobi berenang.

2. Telaga Madirda

Telaga Madirna merupakan objek wisata di Kabupaten Karanganyar yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di dusun Tlogo Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Baca Juga: Antusias Tinggi, Ribuan Warga Desa Berjo Ikut Jalan Sehat di Kawasan Air Terjun Jumog

Telaga itu dipenuhi dengan pemandangan pepohonan hijau yang berjajar, menjadikan wisata telaga yang berbeda dari wisata telaga yang lain. Dengan tiket seharga Rp 15.000 pengunjung sudah bisa menikmati indahnya pemandangan danau di bawah puncak Gunung Lawu tersebut.

3. Air Terjun Parang Ijo

Objek wisata selanjutnya adalah air terjun Parang Ijo. Terletak di Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Sesuai namanya, Parang berarti tebing dan Ijo berarti hijau. Parang Ijo berarti Tebing Hijau.

Air terjun tersebut memiliki keunikan tersendiri, airnya mengalir di antara tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau. Tak hanya itu. Wisata air terjun Parang Ijo juga dilengkapi dengan kolam renang anak dan taman bermain.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dibuka Kembali, Pengunjung Solo Safari Masih Dibatasi

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:12 WIB
X