Misteri Situs Watu Genuk, Lakukan Meditasi Temukan Kedamaian

- Senin, 28 November 2022 | 15:30 WIB
Yosep melakukan ritual meditasi di Situs Watu Genuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali.  (SMSolo/dok)
Yosep melakukan ritual meditasi di Situs Watu Genuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. (SMSolo/dok)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Usai ekskavasi beberapa waktu lalu, situs Candi Watu Genuk di Boyolali kini sering dikunjungi warga. Ya, mereka melakukan meditasi di situs yang dilingkupi misteri di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

Seperti dilakukan Yosep, warga Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel. Dia terlihat berulang kali menyeka air matanya seusai meditasi. Baginya melakukan meditasi di situs tersebut bisa menemukan kedamaian.

Dia mengawali meditasi dengan mengambil air suci di Watu Gentong yang lokasinya tak jauh dari Watu Genuk. Air suci sebagai sarana untuk membersihkan diri lahir dan batin.

Baca Juga: Disdikbud Tak Datang, Koordinasi dengan BPCB Batal Digelar. Terkait Ekskavasi Situs Tlawong

“Kalau orang mau ke sanggar pamujan di situs Watu Genuk, maka dia harus bersuci dulu di sana,” kata Yosep, Senin (28/11).

Semua dilakukan dengan jalan kaki. Sesampai di Watu Gentong, dia tidak serta merta mengambil air begitu saja. Namun terlebih dulu duduk melakukan semedi dengan hormat seraya mohon izin kepada Yang Maha Kuasa.

“Juga membakar sejumlah dupa serta menyampaikan puji-pinuji,” tuturnya.

Apa misteri di situs itu? Yosep mengungkapkan, selama meditasi sekitar 15 menit, dirinya seakan merasakan menyatu dengan alam. Dalam penyatuan itulah ia dapat merasakan energi positif dari candi.

Baca Juga: Misteri Desa Gunung Kecamatan Sambi. Awas Jangan Kencing Sembarangan

“Di Candi Watu Genuk saya merasakan energi positif berupa energi welas asih yang begitu kuatnya. Saya rasa di sini tidak ada energi negatif,” ujar Yosep yang juga budayawan Boyolali Heritage Society (BHS).

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X