Thong thong Lek Jelang Lebaran Kembali Digelar, 15 Grup Desa di Rembang Siap Beratraksi

- Selasa, 26 April 2022 | 10:26 WIB
. (SMSolo/Pemkab Rembang)
. (SMSolo/Pemkab Rembang)

REMBANG, suaramerdeka-solo.com – Festival Thong thong Lek 2022 pada pekan terakhir menjelang lebaran, bakal kembali digelar di Rembang.

Rencananya, atraksi Thong thong Lek diselenggarakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (27-28/4/2022) malam, seusai sholat tarawih.

Atraksi pentas musik jalanan yang sudah puluhan tahun digelar di kabupaten wilayah pantura timur itu sempat terhenti karena pandemic Covid-19, dua musim terakhir.

Baca Juga: Jalur Tol Demak-Tuban di Rembang Dikabarkan Berubah. Melintasi Permukiman di Mondoteko?

‘’Izin sudah turun dan kami sifatnya mengamankan lokasi. Kami minta semua menjaga ketertiban, dan (kalau) ada kekisruhan akan kami amankan di Mapolres,’’ kata Kabag Ops Polres Rembang, Kompol Moh Mansyur, Senin (25/4/2022) dilansir dari suaramerdeka-muria.com.

Biasanya, festival tersebut digelar secara arak-arakan, bahkan menggunakan truk sebagai panggung pentas. Namun kini dipusatkan, karena pertimbangan pandemi Covid-19 belum benar-benar lenyap.

Berdasarkan jadwal yang diterbitkan panitia, kegiatan Thong thong Lek yang sudah mentradisi tersebut akan dipusatkan di Pantai Kartini Rembang.

Baca Juga: Dua Petugas RS Polri Dampingi Kepulangan Sinta Aulia ke Rembang. Kapolri: Kondisi Sudah Sangat Baik

Tercatat 15 grup dari desa/kelurahan di Rembang yang akan bersaing pada pentas musik dengan peralatan modern yang dipadukan dengan kentongan bambu yang khas digunakan membangunkan makan sahur itu.

Grup-grup kontestan akan terbagi dalam dua kelompok penampilan. Masing-masing kelompok beranggotakan 20 pemain musik yang dikawal dua pelatih.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melur untuk Firdaus Bakalan Sad Ending?

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:26 WIB

Reopening Ganesha Lounge Bar Ramada Suite Solo

Senin, 13 Juni 2022 | 05:32 WIB
X