Sukemi Jegol Mudo Membuat ‘Ger-geran’ Pentas Wayang Kulit HUT Kemerdekaan RI di Sragen

- Senin, 22 Agustus 2022 | 12:49 WIB
Mantan Bupati Sragen Untung Wiyono memberi motivasi mahasiswa Untad dan pengunjung pentas wayang kulit di Pendapa Taman Ndayu, untuk gemar berwira usaha. (SMSolo/Anindito AN)
Mantan Bupati Sragen Untung Wiyono memberi motivasi mahasiswa Untad dan pengunjung pentas wayang kulit di Pendapa Taman Ndayu, untuk gemar berwira usaha. (SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Pentas wayang kulit memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dan bulan Muharam atau Suro 1444 H di Taman Ndayu Desa Saradan, Karangmalang, Minggu (21/8) berlangsung meriah.

Ki Dalang Sukemi Jegol Mudo asal Sukodono, Sragen mementaskan lakon carangan 'Petruk Dadi Ustadz'. Pentas dengan gaya kocak itu membuat ‘ger-geran’ ratusan penonton yang memadati pendapa Taman Ndayu.

Pentas wayang kulit kali itu juga terbilang istimewa, karena ditonton 34 mahasiswa Universitas Tadulako (Untad), Palu, Sulawesi Tengah. Para mahasiswa tengah magang di Taman Edukasi Ndayu Park. Mereka berbaur dengan para undangan dan tamu lainnya.

Baca Juga: Pentas Wayang di Pendapa Ndayu Park Sragen, Semua Niyaga Dalang Kondang, Pesindennya Dosen ISI

'’Pentas wayang memperingati HUT Kemerdekaan RI sebagai bukti kita mencintai Tanah Air,'' tutur mantan Bupati Sragen Untung Wiyono, tuan rumah dan penyelenggara pementasan itu.

Rahmat Irwan Haryanto, mahasiswa Fakultas Peternakan Untad mengaku senang, karena dia dan rekan-rekannya bisa langsung menonton pentas pakeliran itu.

Mereka juga bisa mulai mempelajari pertanian, peternakan dan perikanan di Sragen. Magang kuliah lapangan akan akan dilaksanakan tiga bulan.

Baca Juga: Melestarikan Wayang Beber, Wayang Kuno Berbahan Daluang

''Meski baru tiga hari di sini (Taman Edukasi Ndayu), rasanya menyenangkan,'' tutur Rahmat.

Untung Wiyono yang juga Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jawa Tengah mengajak seluruh hadirin, termasuk generasi muda bangsa mensyukuri nikmat Allah bagi bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indra Bekti Harus Gunakan Selang Seumur Hidup

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:33 WIB

Na Chul Meninggal Dunia, Siapa Na Chul?

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:16 WIB

Happy Asmara Terbaring Lemah di Rumah Sakit, Kenapa?

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:20 WIB

Hasil Tes Urine, Revaldo Positif Konsumsi Narkoba

Jumat, 13 Januari 2023 | 06:15 WIB
X