Ini Alasan Garin Nugroho Diberi Gelar Doktor Kehormatan dari ISI Surakarta

- Selasa, 6 Desember 2022 | 19:32 WIB
Garin Nugroho saat membacakan orasi ilmiah dalam pengukuhannya sebagai guru besar kehormatan di ISI Surakarta.  (SMSolo/dok)
Garin Nugroho saat membacakan orasi ilmiah dalam pengukuhannya sebagai guru besar kehormatan di ISI Surakarta. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Untuk kali pertama, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menganugerahkan gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa (Dr HC) pada insan perfilman yakni sutradara Garin Nugroho.

Pemberian gelar dilakukan pada Sidang Senat Terbuka Penganugerahan Gelar Kehormatan Bidang Seni Penciptaan Film kepada Garin Nugroho Riyanto di Pendapa Ageng GPH Joyokusumo kampus setempat, Selasa (6/12).

Rektor ISI Surakarta I Nyoman Sukerna dalam sambutannya mengaku bangga atas pemberian gelar kehormatan tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Empat Profesor Baru di UNS Solo

Rektor mengungkapkan jika gelar kehormatan ini diberikan pada seseorang yang sudah berjasa, berkarya dan sumbangsihnya untuk bangsa dan negara.

Ia menjelaskan, pemberian gelar pada Garin Nugroho bukan tanpa alasan. Garin adalah salah satu dari sedikit yang berkarya mencipta, mengabdi pada kultural kebudayaan.

Kendati bergerak dalam bidang film, Garin adalah orang yang lengkap, atraktif, inovatif hadir dalam berbagai ranah kesenian, seperti karawitan, tari, tembang dan lagu.

Baca Juga: Turnamen Futsal Nasional di Solo, Jaring Bakat ke Timnas Indonesia

“Dalam setiap karya selalu menghadirkan narasi yang menggambarkan sosial, budaya, ekonomi, politik. Karya Garin adalah ensiklopedia penciptaan seni,” ujar Rektor.

Saat membacakan pidato ilmiahnya, Garin Nugroho menyampaikan proses kreasi seni memiliki padanan dengan proses ilmu pengetahuan, terdapat aktivitas, pengetahuan dan prosedur sebagai rangkaian langkah dan cara yang disebut metode.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haji Murod Tukang Ojek Pengkolan Meninggal Dunia

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:49 WIB

Indra Bekti Harus Gunakan Selang Seumur Hidup

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:33 WIB

Na Chul Meninggal Dunia, Siapa Na Chul?

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:16 WIB

Happy Asmara Terbaring Lemah di Rumah Sakit, Kenapa?

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:20 WIB

Hasil Tes Urine, Revaldo Positif Konsumsi Narkoba

Jumat, 13 Januari 2023 | 06:15 WIB
X