Jokowi Tawari Presiden Ukraina untuk Bawa Pesan Ke Putin

- Kamis, 30 Juni 2022 | 14:54 WIB
Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina.  (SMSolo/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. (SMSolo/BPMI Setpres)

suaramerdeka-solo.comPresiden Joko Widodo menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Tawaran itu disampaikan kepada Zelenskyy, saat keduanya bertemu di Istana Maryinsky, Kyiv, Uraina, Rabu (29/6/2022) waktu setempat.

Dalam pernyataan pers bersama Zelenskyy usai pertemuan, Jokowi menjelaskan, kunjungannya ke Ukraina sebagai perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia bagi negara tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertolak ke Ibu Kota Ukraina Naik Kereta Api. Kemenlu Intens Komunikasi

Dia menegaskan pentingnya penghormatan terhadap integritas dan kedaulatan wilayah. Selain itu, Jokowi menyampaikan pentingnya penyelesaian damai pertikaian antarnegara.

‘’Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” kata Jokowi, dilansir dari laman presidenri.go.id.

Pada kunjungan itu, Pemerintah Indonesia berusaha memberikan bantuan termasuk obat-obatan bagi masyarakat Ukraina yang kini tengah terdampak perang dengan Rusia. Selain itu, ada komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Baca Juga: Presiden Jokowi Telah Tiba di Kyiv, Ukraina

Jokowi juga kembali menyampaikan undangan langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi pada KTT G20 di Bali, November 2022.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan di India ambruk, 132 orang Dikabarkan Tewas

Senin, 31 Oktober 2022 | 13:13 WIB

Kota Wuhan China Kembali Lockdown! Covid Lagi?

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:42 WIB

Pria Bersenjata Bunuh 13 Siswa di Rusia Tengah

Senin, 26 September 2022 | 20:30 WIB

Kekasih Presiden Rusia Vladimir Putin Hamil?

Senin, 11 Juli 2022 | 17:10 WIB
X