Kabar Gembira! Candi Cetho dan Candi Sukuh akan Kembali Dibuka Bagi Wisatawan

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:35 WIB
Wisatawan berkunjung di Objek Wisata Candi Cetho di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, sebelum pandemi Covid-19.  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Wisatawan berkunjung di Objek Wisata Candi Cetho di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, sebelum pandemi Covid-19. (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Objek wisata Candi Sukuh dan Candi Cetho di Karanganyar akan dibuka kembali bagi wisatawan, mulai Sabtu (9/10/2021).

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng saat ini melakukan uji coba dan simulasi, untuk persiapan menjelang pembukaan kembali objek wisata cagar budaya tersebut.

Baca Juga: Pembukaan Destinasi Wisata Candi Sukuh, Candi Cetho dan Museum Dayu Tunggu Keputusan BPCB

Kepala Disparpora Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat pengajuan kepada BPCB Jateng, meminta agar Candi Sukuh dan Candi Cetho bisa dibuka kembali untuk wisatawan.

Sebagaimana diketahui, Candi Sukuh dan Candi Cetho, serta Museum Sangiran Klaster Dayu, ditutup dari wisatawan sejak 22 Juni 2021, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Level PPKM Solo Raya Turun. Pariwisata di Tawangmangu Bangkit, Roda Ekonomi Berputar

Meski pengelolaan wisatanya dilakukan Pemkab Karanganyar, namun kewenangan dalam penanganan tiga objek wisata cagar budaya itu berada di tangan BPCB.

Penutupan dilakukan setelah ada instruksi dari BPCB Jateng.

"Kami sedang melakukan simulasi di Candi Sukuh dan Candi Cetho, yang akan mulai dibuka lagi, Sabtu (9/10/2021). Kalau Museum Sangiran Klaster Dayu masih ditunda pembukaannya. Lokasinya kan tertutup. Menunggu perkembangan," kata Titis, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Gerai Vaksin Lereng Gunung Lawu, Seribu Pelaku Wisata di Tawangmangu Divaksinasi

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Wanita Cantik Ditangkap Polisi. Ini Kasusnya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:06 WIB

Polresta Banyumas Bekuk Spesialis Pencuri Sapi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:18 WIB
X