Persiapan Hari Pengurangan Risiko Bencana, Warga Sawit dan Relawan Gelar Kerja Bakti

- Senin, 11 Oktober 2021 | 08:11 WIB
KERJA BAKTI : Warga Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Klaten menggelar kerja bakti di tepi Sungai Kongklangan bersama relawan. (SMSolo/dok)
KERJA BAKTI : Warga Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Klaten menggelar kerja bakti di tepi Sungai Kongklangan bersama relawan. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Menjelang peringatan Hari Pengurangan Risiko Bencana (PRB), warga Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Klaten bersama para relawan peduli sungai menggelar kerja bakti di tepi Sungai Kongklangan desa setempat, Minggu (9/10/2021).

Kerja bakti yang dipimpin Kades Sawit Maryadi itu juga melibatkan Srikandi Sungai Indonesia (SSI) Desa Sawit dan SSI Klaten.

Rencananya lokasi tersebut akan digunakan untuk Peringatan Hari PRB, 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Tahun 2021, Inilah 10 Desa Stunting di Kabupaten Klaten

Mereka juga dibantu personel Koramil Gantiwarno dan personel SSBS Bengawan Solo membersihkan sungai, bantaran dan sekitarnya dari semak liar, untuk mencegah tersendatnya aliran air di musim penghujan.

‘’Insya Allah, Sekolah Sungai Klaten, Yayasan Sungai Lestari Indonesia (YSLI) dan Pemerintah Desa Sawit akan menggelar peringatan Hari PRB di tepi Sungai Kongklangan,’’ kata Ketua Panitia, Danang Heri Subiyantoro.

Pembersihan sungai dari sampah dan semak merupakan upaya pengurangan risiko bencana banjir, yang sering terjadi di wilayah Klaten bagian selatan.

Baca Juga: Renovasi Bangunan Mangkrak, ASTP Jimbung Bakal Jadi Ikon Baru di Klaten

Puluhan warga tampak bersemangat bersih-bersih sungai.

‘’Rencananya, digelar apel relawan menjelang musim hujan, penanaman pohon, pencanangan Desa Sawit Menuju Desa Tangguh Bencana dan peresmian Taman Sungai Kongklangan Arif Fuad Hidayah,’’ ujar Danang.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Mukerda MUI Jateng Disosialisasikan di Klaten

Sabtu, 27 November 2021 | 21:15 WIB

Air Waduk Pidekso Wonogiri Naik 20 Cm/Hari

Rabu, 24 November 2021 | 15:25 WIB

Sekolah Sungai Klaten Gelar Diskusi dengan BBWSBS

Rabu, 24 November 2021 | 10:51 WIB

Pabrik Kacang Dua Kelinci di Pati Terbakar

Selasa, 23 November 2021 | 13:52 WIB
X