Video Warga Wadas Tolak Bhabinkamtibmas Patroli Beredar di Medsos, Ini Penjelasan Polisi dan Camat

- Kamis, 4 November 2021 | 19:05 WIB
Siswa-siswi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo tetap bersekolah meski ada isu patroli anggota polisi menakut-nakuti anak-anak untuk bersekolah, Kamis (4/11). (SMSolo/dok)
Siswa-siswi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo tetap bersekolah meski ada isu patroli anggota polisi menakut-nakuti anak-anak untuk bersekolah, Kamis (4/11). (SMSolo/dok)

PURWOREJO, suaramerdeka-solo.com - Terjadinya pro kontra sejumlah warga tentang penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo terus terjadi.

Hal itu diawali adanya tayangan video yang beredar di media sosial dimana sejumlah oknum warga menolak kehadiran Bhabinkamtibmas yang akan melaksanakan giat sambang desa atau patroli di desa tersebut.

Beredar juga berita tentang warga yang mengadu ke sebuah kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH), mengeluhkan patroli polisi yang dianggap menakut-nakuti anak kecil hingga takut sekolah.

Baca Juga: Ketua Umum DPP Bapera Dorong Juliyatmono Jadi Gubernur Jateng

Terkait informasi itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, menyatakan terima kasih atas perhatian LBH kepada sejumlah warga Desa Wadas tersebut dan apresiasi yang tinggi atas masukan yang diberikan pada institusi Polri.

"Namun apa yang disampaikan sejumlah warga tidak benar dan cenderung dibuat-buat. Patroli polisi ada dua, patroli fungsi Sabhara dan sambang Bhabinkamtibmas di desa binaannya. Semua kegiatan sama sekali tidak ada unsur intimidasi, sifatnya hanya pembinaan dalam rangka menjaga harkamtibmas," papar Kabidhumas.

Baca Juga: Merasa Bersalah, Donatur Bom Bunuh Diri Mapolresta Surakarta Minta Maaf

Sambang Bhabinkamtibmas, lanjut Mantan Kasatgas Humas Nemangkawi itu, merupakan tugas rutin pembinaan oleh petugas Polri selaku mitra masyarakat. Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga menggali saran dan masukan dari tokoh dan warga untuk kemajuan desa terutama di bidang pembinaan Kamtibmas.

"Sedangkan patroli Sabhara sifatnya menyeluruh bukan di Wadas saja," tegas Pejabat Utama Polda Jateng itu.

Adapun rute patroli rutin dalam rangka harkamtibmas oleh polisi di Wilayah Kecamatan Bener meliputi wilayah pedesaan antara lain Wadas, Kaliurip, Bener, Kedung Loteng, Cacaban Kidul, Kaliwader, Kalitapas, Cacaban Lor, serta desa Pekacangan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GWS Bakal Diperiksa Penyidik Polda Jateng

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:29 WIB

Peringati Hari Gizi, Bulog Peduli Ponpes

Rabu, 26 Januari 2022 | 05:10 WIB

Dua Wanita Cantik Ditangkap Polisi. Ini Kasusnya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:06 WIB
X