Pengosongan Rawa Jombor Mencapai 75 Persen, Bupati Puji Peran TNI

- Jumat, 19 November 2021 | 22:05 WIB
Bupati Sri Mulyani dan rombongan menaiki kapal pembersih eceng meninjau kondisi di Rawa Jombor Klaten yang sudah dibersihkan.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Bupati Sri Mulyani dan rombongan menaiki kapal pembersih eceng meninjau kondisi di Rawa Jombor Klaten yang sudah dibersihkan. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.comBupati Sri Mulyani memuji peran TNI dalam rangkaian upaya pengosongan Rawa Jombor Klaten, sebagai proses revitalisasi dari bangunan usaha.

Saat ini, 75 persen atau sekitar 106 hektare dari lahan yang semula dipakai usaha, sudah bersih.

Pembersihan Rawa Jombor dari bangunan warung apung, pancingan dan keramba terus dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) bekerja sama dengan Kodam IV Diponegoro.

Baca Juga: Buat Pernyataan, 7 Pemilik Warung Apung Rawa Jombor Siap Pindah ke Plasa Kuliner

‘’Saat ini, sudah sekitar 75 persen atau sekitar 106 hektare dibersihkan dari keramba, warung apung dan pancingan,’’ kata Komandan Detasemen Zeni dan Bangunan (Dandenzibang) 3/IV Diponegoro Mayor Czi Tri Wibowo di Rawa Jombor, Jumat (19/11/2021).

Sebelumnya, penampakan rawa penuh dengan ribuan tonggak penahan keramba jala apung, juga puluhan warung apung dan pancingan, yang masing-masing menggunakan lahan ribuan meter persegi.

Baca Juga: Ratusan Karamba Sudah Diangkat Dari Rawa Jombor, Bayat Klaten

‘’Warung apung sudah semua terkondisikan, tinggal proses pembongkaran, 100 persen sudah mau membongkar warung apung. Kalau untuk pancingan dan keramba tidak ada masalah,’’ kata Tri Wibowo.

Kini, permukaan rawa sudah mulai terlihat lega dan riak air di rawa seluas 198 hektare itu sudah mulai terlihat.

Eceng gondok yang memenuhi rawa juga terus dibersihkan dengan kapal bantuan dari Kementerian PUPR.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Wanita Cantik Ditangkap Polisi. Ini Kasusnya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:06 WIB

Polresta Banyumas Bekuk Spesialis Pencuri Sapi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:18 WIB
X