Sekolah Sungai Klaten Gelar Diskusi dengan BBWSBS

- Rabu, 24 November 2021 | 10:51 WIB
BBWSBS, SSK dan Yayasan Sungai Lestari berdiskusi tentang Rawa Jombor dan Sungai Bengawan Solo.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
BBWSBS, SSK dan Yayasan Sungai Lestari berdiskusi tentang Rawa Jombor dan Sungai Bengawan Solo. (SMSolo/Merawati Sunantri)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com – Perwakilan Pengurus Sekolah Sungai Klaten (SSK) dan Yayasan Sungai Lestari Indonesia (Yusri) melakukan diskusi dengan jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Selasa (23/11/21).

Tim terdiri atas 5 orang dipimpin Inisiator SSK dan Pembina Yusri, Prof Dr Suratman yang juga Kepala Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Mereka ditemui Kabid Operasi dan Perawatan Sumber Daya Air (OP SDA) BBWSBS, Sri Wahyu Kusumastuti ST MSi dan jajarannya di kantor BBWSBS di Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Baca Juga: Peringati Hari Guru Nasional, Ini 10 Link Twibbon yang Cocok Dipasang di Medsos

Pada kesempatan itu, Suratman mengungkapkan proses revitalisasi Rawa Jombor yang berlangsung tanpa gejolak sosial.

SSK dan Yayasan mendukung kelanjutan revitalisasi Rawa Jombor yang akan dilanjutkan tahun 2022 oleh BBWSBS.

‘’Saya harap, revitalisasi Rawa Jombor bisa menjadi model kelola berbasis pembersamaan masyarakat untuk pemberdayaan. SSK dan Yayasan ikut membangun pembentukan komunitas penjaga lingkungan Rawa Jombor yang dinamai Jogorojo untuk bersinergi dengan BBWSBS,’’ ujar Suratman.

Baca Juga: Pengosongan Rawa Jombor Mencapai 75 Persen, Bupati Puji Peran TNI

Menurutnya, ekosistem air Rawa Jombor harus bersih, aman, dan sehat, sehingga bila gunakan untuk wisata bisa menjamin aman tidak ada korban wisatawan meninggal akibat terjerat ganggang, jaring ikan dan lumpur, serta eceng gondok.

SSK dan komunitas Jogorojo akan berperan dalam patroli rutin merawat rawa, sedangkan untuk sarana prasarananya difasilitasi BBWSBS.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hasil Mukerda MUI Jateng Disosialisasikan di Klaten

Sabtu, 27 November 2021 | 21:15 WIB

Air Waduk Pidekso Wonogiri Naik 20 Cm/Hari

Rabu, 24 November 2021 | 15:25 WIB

Sekolah Sungai Klaten Gelar Diskusi dengan BBWSBS

Rabu, 24 November 2021 | 10:51 WIB

Pabrik Kacang Dua Kelinci di Pati Terbakar

Selasa, 23 November 2021 | 13:52 WIB
X