UNS Surakarta Jadi Tuan Rumah Uji Publik Keterbukaan Informasi

- Jumat, 26 November 2021 | 06:32 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghadiri uji publik keterbukaan informasi di UNS Surakarta.  (SMSolo/dok)
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghadiri uji publik keterbukaan informasi di UNS Surakarta. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.comUNS Surakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Uji Publik Keterbukaan Informasi Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof rer nat Sajidan mengemukakan, kegiatan digelar untuk menilai pengelolaan keterbukaan informasi dari tiap kabupaten/ kota, instansi dan badan publik di Jawa Tengah.

Sajidan dalam sambutannya mengatakan, keterbukaan informasi di era reformasi merupakan suatu keharusan dan kewajiban bagi setiap penyelenggara negara.

Baca Juga: Emi Widiyati, Lulusan Doktor Pertama Prodi S3 Ilmu Komunikasi UNS, Ini Sosoknya

Sebab, masyarakat ingin dilibatkan dalam setiap pengambilan kebijakan dan ingin roda pemerintahan dijalankan secara akuntabel dan transparan, sesuai prinsip good governance.

“Ditambah lagi dengan modernisasi teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Karena itu, Sajidan menilai pemerintah, institusi, lembaga, maupun badan publik harus membuka diri kepada masyarakat dan memberikan informasi seputar kebijakan secara terbuka agar dapat diakses dari mana saja.

Baca Juga: Bengawan UV UNS Borong Tiga Gelar Juara di KRTI 2021

Meski di sisi lain keterbukaan informasi kerap disalahgunakan untuk kepentingan tertentu, dia menyebut modernisasi teknologi harus dijadikan momentum bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan strategis.

Menurutnya, amanat tersebut mendorong seluruh badan publik di Indonesia, termasuk perguruan tinggi negeri wajib menjalankan keterbukaan informasi publik.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Wanita Cantik Ditangkap Polisi. Ini Kasusnya

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:06 WIB

Polresta Banyumas Bekuk Spesialis Pencuri Sapi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:18 WIB
X