Ini di Jateng. 37 Ekor Sapi Terjangkit Virus PMK, 237 Lainnya Suspect

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:13 WIB
Petugas memantau ternak sapi untuk dilakukan pengecekan apakah terjangkit virus PMK atau tidak, di salah satu kandang sapi milik peternak di wilayah Jateng, beberapa hari lalu. (SMSolo/dok)
Petugas memantau ternak sapi untuk dilakukan pengecekan apakah terjangkit virus PMK atau tidak, di salah satu kandang sapi milik peternak di wilayah Jateng, beberapa hari lalu. (SMSolo/dok)

 SEMARANG, suaramerdeka-solo.com - Polda Jateng telah memantau dan mengecek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, hasilnya mengejutkan.

Sebab dalam pengecekan, petugas menemukan 237 hewan terindikasi terpapar penyakit tersebut.

Karena itu, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengeluarkan surat telegram bagi jajarannya agar segera mengambil tindakan nyata sebagai langkah yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Antisipasi PMK, Polres Klaten dan DKPP Lakukan Pengawasan Ternak

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, berdasar pengecekan, diketahui wilayah yang terdampak yakni Kabupaten Banjarnegara, Boyolali, Rembang, Wonosobo, Banyumas, Purbalingga, Klaten.

Sedangkan wilayah suspect yaitu Kota Semarang, Kabupaten Pemalang, Batang, dan Cilacap.

"Penambahan ternak terduga (suspect) pada 14 Mei 2022 sejumlah 122 Ekor. Jumlah total komulatif ternak terduga sejumlah 237 Ekor. Kemudian setelah dilakukan Uji BBVet Wates dengan 61 sampel, hasilnya 37 ekor positif virus PMK," kata Luthfi dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga: Wabah PMK, Ada Temuan Kasus Baru di Ampel Boyolali

Mantan Kapolresta Surakarta tersebut menambahkan, berbagai langkah yang dilakukan yaitu membuat petunjuk dan arah (jukrah) dan pedoman ke jajarannya.

Kemudian melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat maupun brosur dan media sosial.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pamit Merokok, Jemaah Umrah Asal Blora Hilang

Sabtu, 4 Juni 2022 | 09:39 WIB
X