Di Banyumas, Beri Uang ke Gelandangan Siap-siap Kena Denda Rp 50 Juta

- Kamis, 26 Mei 2022 | 17:05 WIB
Ilustrasi. Satpol PP Banyumas akan memberikan denda Rp 50 juta bagi warga yang kedapatan memberikan uang pada PGOT.  (muslimobsession.com)
Ilustrasi. Satpol PP Banyumas akan memberikan denda Rp 50 juta bagi warga yang kedapatan memberikan uang pada PGOT. (muslimobsession.com)

BANYUMAS, suaramerdeka-solo.com - Bagi warga Banyumas atau warga luar daerah yang yang sedang di Banyumas, wajib mengerti aturan terbaru mengenai gelandangan.

Pemkab Banyumas akan memberlakukan denda hingga Rp 50 juta bagi pemberi uang kepada pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT). Kebijakan ini akan berlaku mulai 1 Juni 2022 mendatang.

Kepala Satpol Pamong Praja (Satpol PP), Setia Rahendra mengatakan hal itu usai sosialisasi Perda Nomor 16 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Penyakit Masyarakat kepada para pengguna kendaraan bermotor.

Baca Juga: Kecelakaan Karambol Terjadi di Alas Roban Melibatkan 4 Truk, 1 Tewas

Satpol PP akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas. Sebab selain penindakan oleh petugas langsung, pemantauan dengan kamera Dinhub Banyumas yang terpantau di sejumlah titik jalan juga akan dilaksanakan.

"Karena memang perlu identifikasi dan pemantauan melalui basis data ATCS Dinhub Banyumas. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinhub mengenai hal ini, " jelasnya dilansir dari suaramerdeka-banyumas.com.

Baca Juga: Pengumuman! Mulai Besok Pagi, Seluruh Pasar Hewan di Boyolali Ditutup

Dijelaskan Setia Rahendra, mulai 1 Juni 2022 nanti karena baru pertama dilaksanakan dipastikan akan banyak evaluasi.

"Yang penting tidak harus lewat operasi yustisi. Jika Purwokerto sudah bersih PGOT berarti tujuan tercapai. Cukup lewat sosialisasi dan edukasi serta kesadaran masyarakat, " katanya.

Sebelumnya, Satpol Pamong Praja Kabupaten Banyumas mengintensifkan kembali sosialisasi Perda 16 tahun 2015 tentang Penanggulangan Penyakit Masyarakat (Pekat) kepada pengguna jalan di Kota Purwokerto dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fenomena Embun Upas Muncul di Kawasan Dieng

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:16 WIB
X