Baluwarti Termasuk 10 Desa Bersinar, Ganjar Sebut Narkoba Pil Anjing sampai Pil Buto Ijo Dikonsumsi Anak-anak

- Senin, 28 Juni 2021 | 15:43 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo mengikuti peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021. (Foto Jatengprov.go.id) (Setyo Wiyono)
Gubernur Ganjar Pranowo mengikuti peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021. (Foto Jatengprov.go.id) (Setyo Wiyono)

SEMARANG, suaramerdeka-solo.com - Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, didapuk sebagai salah satu kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) di Jateng.

Warga dan jajaran perangkat kelurahan yang berada di lingkungan Keraton Surakarta itu diharapkan bisa padu untuk mempersempit ruang gerak peredaran narkoba.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di kantornya, Senin (28/6/ 2021) berharap, desa/kelurahan itu menjadi pioner bagi daerah lain dalam menangkal penyebaran narkoba.

Baca Juga: 250 Ribu Anak dan Remaja Jadi Penderita, Kemenkes Belum Pastikan Vaksin Covid-19 bagi Mereka

Tujuannya demi penyelamatan generasi muda. Sebab, potensi peredaran narkoba kini sampai berbagai pelosok.

“Ternyata di desa-desa ada jenis narkoba baru yang saya juga baru dengar, seperti pil anjing, pil buto ijo. Mereka kebanyakan meramu sendiri. Mereka mencoba-coba obat batuk, obat pusing, yang diramu dengan minuman keras, itu sudah masuk ke anak-anak. Ini serius. Maka saya sambut baik, dari BNN dan BNNP gerakan di level desa dengan gerakan Desa Bersinar,” kata kata Ganjar, seperti dilansir suaramerdeka.com.

Ada 10 desa dan kelurahan di Jawa Tengah didapuk jadi Desa Bersinar.

Baca Juga: Oops! Korban Pembunuhan di Purwantoro Ternyata Perempuan

Selain Baluwarti (Solo), desa dan kelurahan lain adalah Kelurahan Sekayu (Kota Semarang), Kelurahan Kraton (Kota Tegal), Desa Gandasuli (Purbalingga), Desa Gombolharjo (Cilacap).

Selanjutnya Desa Blondo (Kabupaten Magelang), Kelurahan Manding (Temanggung), Desa Kecepak (Batang), Desa Sumberejo (Kendal) dan Desa Karangtengah (Banyumas).

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Sambut HUT Bhayangkara Ke-76, 125 Anak Disunat

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:40 WIB

Hewan Ternak Terjangkit PMK Wajib Dipisahkan

Senin, 16 Mei 2022 | 17:01 WIB
X