Instruksi Ganjar : RT Zona Merah Lockdown! Mobilitas Warga Dibatasi Maksimal Pukul 20.00 WIB

- Selasa, 29 Juni 2021 | 21:34 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau zona merah di Bergaslor. (Jatengprov)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau zona merah di Bergaslor. (Jatengprov)

SEMARANG, suaramerdeka-solo.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerbitkan Instruksi Gubernur No 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Penanggulangan Lonjakan Kasus Covid-19 di Jawa Tengah.

"Instruksi sudah saya kirimkan ke seluruh bupati/wali kota di Jateng. Saya minta instruksi itu benar-benar dijalankan agar lonjakan kasus Covid-19 di Jateng saat ini bisa segera dikendalikan,” kata Ganjar, Selasa (29/6/2021) seperti dilansir dari suaramerdeka.com.

Jika diringkas, setidaknya ada tujuh titah Ganjar kepada para pimpinan daerah di Jateng. Bupati/wali kota wajib melakukan pembatasan total (lockdown) pada RT/RW/desa dan kelurahan yang masuk zona merah.

Baca Juga: Kasus Harian Positif Covid-19 di Klaten Pecahkan Rekor. Sehari Tembus 666 Kasus

Yakni membatasi mobilitas warga keluar masuk wilayah RT, maksimal pukul 20.00 WIB. Semua warga dilarang beraktivitas di luar jam itu kecuali darurat. Melarang kerumunan yang melibatkan lebih dari tiga orang.

Melarang keramaian di tempat umum, dan meminta kegiatan keagamaan dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing sampai wilayahnya tak lagi masuk zona merah.

“Pelaksanaan pembatasan total tersebut harus dijaga ketat oleh aparat desa dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta Satgas Jogo Tonggo,” tegasnya.

Ganjar juga memerintahkan bupati/ wali kota untuk mendorong gerakan saling mengingatkan (Eling lan Ngelingke). Gerakan itu penting untuk menyadarkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, khususnya 5 M secara luas.

Baca Juga: Sekda Sragen Positif Covid-19, Bupati Yuni Kontak Erat

Bupati/ wali kota juga diminta mengaktifkan call center atau hotline, untuk pelayanan informasi dalam penanganan Covid-19. Setiap keluhan dan aduan dari masyarakat, harus ditangani secara cepat.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

10 Pedagang Makanan di Klaten Tertipu Pesanan Palsu

Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:12 WIB

Mahasiswa Asing Jalani Vaksinasi di Edutorium UMS

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:52 WIB
X