Brrrr.....Kawasan Wisata Dieng Tertutup Es. Pagi Hari Suhu Minus 1 Derajat Celcius

- Kamis, 8 Juli 2021 | 15:10 WIB
Rumput di Dieng tertutup embun Es, Rabu (7/7/2021). (Foto IG Aryadidarwanto)
Rumput di Dieng tertutup embun Es, Rabu (7/7/2021). (Foto IG Aryadidarwanto)

WONOSOBO, suaramerdeka-solo.com - Hawa dingin menusuk tulang mulai menyelimuti sebagian wilayah di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Bahkan, kawasan wisata Dieng sudah mulai tertutup es.

Akun instagram @ardidarwanto menyampaikan fenomena es mulai turun di Kawasan Wisata Dieng pada Kamis (8/7/2021). Rumput-rumput di sekitar dua candi, yaitu Candi Setyaki dan Candi Arjuna sudah tertutup embun es.

"Dieng berembun es. Sepertinya musim salju sudah mulai di Tanah Para Dewa ini. Dari kemarin sore sudah muncul tanda-tandanya, suhu sore hari sekitar pukul 17.00,''tulis akun Instagram @aryadidarwanto, Kamis 8 Juli 2021.

Baca Juga: Isteri Meninggal Karena Covid-19, Suami Bunuh Diri di Bulukerto Wonogiri. Begini Kronologinya

Selanjutnya, suhu Dieng sudah memiliki suhu sekitar 10 derajat celcius. Dan pagi ini mencapai minus 1 derajat celcius,” tulis akun Instagram @aryadidarwanto.

Cakupan embun es tidak begitu luas. Wilayah yang memiliki embun es yakni sekitar Candi Setyaki dan Candi Arjuna.

Dia juga menuliskan bahwa puncak musim salju Dieng diperkirakan pada Agustus dan September. Dalam foto yang diposting, tampak rumput kering berselimut titik embun yang membeku. Ada juga rumput yang masih segar berselimut titik embun yang membeku. 

Baca Juga: Keren! Hibur Anak-anak yang Isolasi Mandiri, Lurah Gayam Sukoharjo Bawa Transformer dan Mikey Mouse

Saat dicek melalui AccuWeather, kawasan Dieng Jawa tengah saat ini suhunya mencapai 17 derajat celcius. Dengan kelembaban mencapai 93 persen dan jarak pandang 16 kilometer. 

Di satu sisi, fenomena embun es ini yag biasa disebut Mbun Upas menjadi daya tarik wisata seperti yang terjadi pada 2019. Wisatawan menikmati embun beku yang muncul akibat penurunan suhu hingga minus tujuh derajat celcius di kompleks Candi Arjuna.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Sambut HUT Bhayangkara Ke-76, 125 Anak Disunat

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:40 WIB

Hewan Ternak Terjangkit PMK Wajib Dipisahkan

Senin, 16 Mei 2022 | 17:01 WIB
X