Mulai Besuk, Penanganan Covid-19 di Jateng Dikonsentrasikan ke Klaten. Angka Positif Aktif Dekati 5.000 Kasus

- Kamis, 22 Juli 2021 | 19:08 WIB
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi membagikan sembako pada pedagang terdampak Covid-19 di Klaten, Kamis (22/7/2021). (SMSolo/dok)
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi membagikan sembako pada pedagang terdampak Covid-19 di Klaten, Kamis (22/7/2021). (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Mulai Jumat (23/7/21), di wilayah Kabupaten Klaten akan diberlakukan Managemen Kontijensi. Penanganan covid-19 di wilayah Jawa Tengah akan dikonsentrasikan di Klaten.

Hal itu ditegaskan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi di sela-sela meninjau vaksinasi massal di Mapolres Klaten, Kamis (22/7/21). Langkah tersebut diambil, menyusul penambahan angka positif covid-19 di Klaten yang cukup besar.

Dia mengatakan, angka aktif di Klaten sudah mendekati 5.000. Maka seluruh pejabat Polda Jateng akan turun ke Klaten untuk memberikan briefing, mengevaluasi kegiatan-kegiatan penanganan covid 19 di Klaten.

Baca Juga: Ya Allah. Nakes RSUD Surakarta Diancam Keluarga Pasien Covid-19

"Saya akan turun langsung dalam rangka penetrasi, barangkali perlu dilakukan evaluasi dan penekanan terkait dengan masyarakat kita," kata Kapolda.

Langkah pertama yang akan dilakukan Polda Jateng di Klaten adalah pemindahan warga yang isolasi mandiri di rumah ke lokasi isolasi terpusat. Pada prakteknya isolasi mandiri tidak efektif menekan angka penularan covid-19, bahkan menimbulkan klaster keluarga.

Baca Juga: Aliansi Elemen Sukoharjo Bersatu datangi DPRD terkait Dampak PPKM Darurat . Ini Empat Pernyataan Sikap Mereka

"Saya imbau masyarakat agar mau ikut ke lokasi isolasi terpusat yang telah disiapkan Pemda Klaten dan Pemprov Jateng. Jadi kita dikumpulkan di isolasi terpusat, diobati, dua minggu pulang dalam kondisi sehat. Jadi tak perlu takut," tegas Kapolda.

Beban biaya yang timbul selama isolasi terpusat akan ditanggung oleh Pemkab maupun Pemprov, Polri akan membantu dalam pelaksanaan isolasi terpusat. Upaya itu dilakukan untuk mencegah penularan dalam keluarga.

Dalam kesempatan itu, Kapolda tak hanya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal saja, dia juga melakukan bakti sosial membagikan 100 paket sembako kepada pedagang hik, tukang becak dan tukang ojek di Kota Klaten. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X