Varian Delta Dipastikan Sudah Masuk Sukoharjo. UGM Telah Mengirimkan Hasil Penelitian Sampel

- Jumat, 23 Juli 2021 | 11:32 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati memberikan paparan di DPRD. (SMSolo/Heru S)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati memberikan paparan di DPRD. (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Kecurigaan adanya varian Delta di Kabupaten Sukoharjo terbukti. Dari sample yang dikirim UGM, dipastikan varian delta sudah masuk di Kabupaten Sukoharjo.

Kepastian adanya varian Delta tersebut didapat setelah Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta mengirimkan hasil laboratorium sampel genom ke Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo.

"Kemarin kami sudah mendapatkan konfirmasi bahwa, dari sampel yang diteliti di Laboratorium UGM semua varian Delta," kata Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati.

Baca Juga: Kabupaten Pacitan Berpotensi Terjadi Gempa dan Tsunami Setinggi 28 Meter

Menurut Jubir Satgas Covid-19 Sukoharjo ini, selain sampel yang dikirimkan oleh DKK, ada sampel lain yang juga dikirim oleh pihak lain (RS). Hasilnya juga sama, yaitu varian Delta.

"Dari awal memang kami sudah curiga, sebab jika melihat kecenderungan tingginya kasus dan cepatnya penularan, mirip dengan varian Delta. Hanya saja pihaknya sedang mencari kode spesimen, dari kasus yang mana," ujar Yunia.

Terkait dengan keberadaan varian tersebut, Yunia kembali mengingatkan dan meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu untuk mencegah Covid-19 semakin meluas.

"Yang penting dan utama adalah disiplin prokes. 5M sangat penting dan utama," tandasnya.

Baca Juga: Waduh! Baru 12 Persen Warga Klaten yang Divaksin

Di satu sisi, Yunia juga mengungkapkan saat ini tenaga kesehatan (nakes) di Sukoharjo mengalami over pekerjaan, seiring dengan status PPKM Level 4 di Sukoharjo. Sebab, dengan status itu ada hal yang harus dipenuhi sesuai dengan arahan dari Pusat. Khususnya mengenai 3T (Tracing, Testing dan Treatment).

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X